Minggu, 07 November 2010

Jangan ditabrak dong

Renungan Sore
15 Oktober 2010
By Ricky
 
 
Suatu hari ketika saya sedang mengendarai mobil di jalan Tol, mata saya terusik dengan sebuah tulisan sticker pada sebuah mobil di depan saya
 
JANGAN DITABRAK DONG, KASIHAN  MOBILNYA MASIH  KREDIT
 
Lucu juga tuh sticker tapi by the way apa maksudnya ? Kenapa takut ditabrak ?
Kalau masih kredit artinya  ada asuransi dong ?  jadi kalaupun terjadi tabrakan masih bisa ditanggung asuransi khan ?
Lalu apa maksud sticker jenaka itu ? apakah mobilnya tidak di asuransikan ?
Masih kredit jangan ditabrak ? jadi kalau sudah lunas ditabrak tak apa-apa ? begitu kali maksudnya ?
 
Ya udah forget about it, sekarang saya memikirkan suatu hal yang lain.
Seperti biasa saya suka terinspirasi dengan kejadian-kejadian dadakan seperti ini.
 
Saya mengarahkan pikiran saya kepada status kita orang percaya. Tahukah saudara bahwa status kita sekarang yang di dalam Kristus bukan lagi seperti mobil yang takut ditabrak di atas.  Status kita anak-anak Tuhan bukan lagi masih Kredit atau dalam tahap angsuran namun 100 % lunas terbayar atau cash.  Amin saudara ?
Yang tidak katakan Amin saya meragukan kekristenan saudara..
Siapun saudara, dan dari gereja denominasi manapun, Alkitab  sudah menyatakan bahwa kita semua sudah lunas terbayar.
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar, karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu
( I Korintus 6 : 20 )
 
Sebab kamu tahu bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu, itu bukan dengan barag yang fana, bukan pula dengan emas dan perak melainkan  dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
( I Petrus 1   : 18 – 19 )

Funny thing or Funny View cause I was  agree with these words on the sticker.
Jika memang kata-kata itu kita anggap benar yaitu  mobil atau sesuatu yang belum lunas jangan ditabrak dan mobil yang sudah lunas tak perlu takut ditabrak maka saya mendapat suatu precious lesson ( pelajaran berharga ) bahwa SEBAGAI ORANG YANG SUDAH LUNAS TERBAYAR OLEH PENEBUSAN KRISTUS SEHARUSNYA KITA TIDAK PERLU TAKUT DITABRAK OLEH MASALAH.
 
Amen my friends ?
 
Sejak kita menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat dalam hidup kita maka sebenarnya Tuhan  Yesus Kristus sudah memerintah atas hidup kita. Amin ? Kita sudah menjadi milikNya, dan oleh karena itu Dia akan menjaga kita, melindungi kita, memberkati kita dan memberikan  segala macam jaminan  dalam hidup kita..
Kalau mobil yang masih kredit mendapat jaminan asuransi maka kita sekalipun sudah lunas tetap mendapat jaminan yang lebih luar biasa dari Allah Bapa kita.
Banyak pemilik mobil dapat jaminan asuransi hanya pada saat masa kredit, setelah kredit lunas otomatis jaminan tidak ada lagi. Terbalik dengan kita orang percaya. Sebelum lunas terbayar oleh darah Yesus kita tidak ada jaminan, namun setelah lunas terbayar kita justeru mendapat jaminan.
Bisa dong kita bikin teka –teki  apa bedanya mobil kredit dan orang percaya  ? hehehe.
 
Kita tak perlu menempel sticker dalam diri kita JANGAN TABRAK SAYA DONG , artinya kita seharusnya tidak perlu takut jika mengalami tabrakan masalah, atau penderitaan yang harus kita terima.
Ketika ada masalah jangan kuatir tetapi langsung berseru kepada bapa kita yang mengasihi kita
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga ,tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. ( Filipi 4 : 6 )

Berserulah kepadaKu dalam kesesakan maka Aku akan meluputkan kamu dan kamu akan memuliuakan Aku ( Mazmur 50 : 15 )
 
Kita  tak luput dari pencobaan dan kesulitan hidup tapi semua sudah ada dalam jaminan pertolongan Tuhan. Sekalipun kita merasa seperti ditabrak berbagai masalah kita tahu juga bahwa Allah menjamin pertolongan dan perlindungan dan sekaligus akan ada jaminan kemenangan atas setiap masalah.
 
Beberapa jaminan untuk kita adalah sbb :
 
Jaminan perlindungan
 
MAZMUR 27 : 1
Tuhan adalah Terangku dan keselamatanku kepada siapakah aku harus takut. Tuhan adalah benteng hidupku terhadap siapakah aku harus gemetar
 
Jaminan masa depan
 
YEREMIA 29 : 11
Rancangan ku adalah rancangan Damai sejahtera dan  bukan rancangan kecelakaan untuk memberikan kepada mu hari depan yang penuh harapan
 
AMSAL 23 : 18
Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang

Jaminan jalan keluar
 
I KORINTUS 10 : 13
Pencobaan-pencobaan yang kamu hadapi adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu ,Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicoabi Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar sehingga kamu dapat menanggungnya
 
Jaminan Kekuatan
 
YESAYA 40 : 29
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya

II TIMOTUS 1 : 7
Allah memberikan kepada kita bukan Roh ketakutan, melainkan Roh yang membangkitkan kekuatan Kasih dan ketertiban
 
 Masih banyak lagi jaminan-jaminan lain, buka Alkitab dan temukan sendiri.
 
Terlebih dari semuanya kita mendapatkan jaminan dari segala jaminan yaitu JAMINAN KESELAMATAN DAN PENGAMPUNAN DOSA
 
EFESUS 1 : 7
Sebab didalam Dia kita beroleh penebusan oleh darahNya yaitu  pengampunan dosa menurut kekayaan anugrahNya 
 
Sebagai anak-anak Tuhan dan murid-murid Tuhan, bukan berarti kita akan bebas dari segala masalah, bukan setiap hari Allah akan melimpahkan berkat melulu. Kekristenan bukan masalah berlimpah susu dan madu saja, kekristenan jangan dianggap adalah jalan menuju keberhasilan dan kesuksesan dengan cara instant. Banyak orang memiliki pandangan dan keyakinan bahwa kalau menjadi Kristen dan menjadi anak Tuhan pasti otomatis akan bebas dari masalah dan penderitaan. Tuhan pasti akan memberkati kita , namun harus diketahui bahwa  Tuhan juga rindu memproses kita dan memurnikan kita agar kita menjadi serupa dengan Dia.
 
FILIPI 3 : 10-11
Yang kukehendaki adalah mengenal Kristus dan Kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya, dimana aku  menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya,supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.
 
Seringkali badai kehidupan akan datang sekonyong-konyong menerpa dan menabrak anak-anak Tuhan. Inipun dirasakan dan dialami oleh murid-murid Yesus di danau Galilea, justeru pada saat Yesus bersama mereka. Dan Yesus malah tertidur dalam perahu. 
Paulus sekalipun sudah menjadi rasul yang luar bisa melakukan berbagai mujizat, kesembuhan dan membangkitkan orang mati, namun diberikan suatu masalah dan disinyalir  mungkin suatu penyakit yang berat sehingga Paulus menyebutnya duri dalam daging.
Smith Wigglesworth seorang buta huruf yang diubahkan Tuhan menjadi seorang penginjil dengan kuasa mujizat dan kesembuhan bahkan membangkitkan orang mati, namun anaknya yang tuli tidak mampu disembuhkan oleh Smith sendiri.
Jadi sudah jelas bahwa menjadi anak Tuhan bukan berarti kita tidak akan ditabrak masalah dan badai justeru kita akan mengalami badai dan kesulitan sebagai proses pemurnian.
 
I PETRUS 1 : 6
“ Bergembiralah akan hal itu,sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagi percobaan. Maksud semua itu untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana,yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kriistus menyatakan dirinya

AYUB 23 : 10
Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas
 
Dalam tabrakan ada 2 hal utama yaitu :
 
1. Tabrakan untuk menguji kita
Contoh Tabrakan ini adalah seperti
Tabrakan yang dialami Ayub
Tabrakan untuk Abraham mempersembahkan anak tunggalnya
Tabrakan  Daniel, dan Sadrak, Mesakh, Abednego mengalami hukuman dilempar ke gua singa, dan dapur api.
Tabrakan bertubi-tubi dialami Yusuf sebelum naik level tertinggi.
 
2. Tabrakan untuk menyadarkan kita akan kesalahan dan dosa –dosa kita
Contoh  tabrakan ini seperti yang dialami tokoh-tokoh dalam Alkitab yaitu :
Tabrakan untuk membuat Paulus tidak bisa bermegah dengan segala karunia-karunia Rohnya.
Tabrakan yang membuat Hizkia menyadari kesombongannya
Tabrakan membuat Daud sadar bahwa ia telah berdosa
 
Jadi ketika ada tabrakan,  itulah kesempatan kita mendekat kepada Tuhan Bapa kita di Surga, untuk bertanya atau mengadu. Seperti Ayub dan Paulus yang diijinkan Tuhan mengalami penderitaan.

Seringkali dalam jalan raya kehidupan kita  mengalami tabrakan. Ada   benturan ringan, namun ada juga yang cukup keras bahkan ada yang sangat parah . Dalam situasi seperti ini kita harus peka dan bertanya kepada Tuhan. Jika memang ada sisi gelap dalam kehidupan kita yang sedang dibersihkan oleh Tuhan maka tak jarang Tuhan merasa perlu mengijinkan kita ditabrak dengan masalah bahkan penderitaan dan seringkali juga Tuhan izinkan tabrakan itu dalam bentuk sakit penyakit,  hajaran, situasi sangat tidak menyenangkan,menyakitkan, bisa juga  ditinggalkan orang terdekat atau yang terkasih.
Tak perlu tawar hati atau kecewa dan berkata mengapa Tuhan pilih saya untuk ditabrak, tapi datanglah kepada Tuhan dengan hati yang hancur dan minta pemulihan serta kekuatan. Jika menyadari ada kesalahan(dosa) segera minta ampun dihadapan Tuhan. Bapa Sorgawi menjamin pengampunan dan pemulihan untuk setiap anak-anakNya yang datang menggerakkan hatiNya. Ingat satu hal, bahkan jika anda diijinkan Bapa  ditabrak sampai hancur berkeping –keping, jangan salahkan Tuhan, tapi datanglah dan bawa kepingan hidupmu atau hatimu yang hancur  berantakan itu dihadapanNya. Bapa surgawi pasti akan memulihkan dan membetulkan kepingan hidupmu yang hancur itu. Itulah jaminan yang diberikan oleh Bapa yang sangat mengasihi anda. Separah apapun tabrakan yang menimpamu Dia sudah menjamin pasti akan memulihkanmu.
 
Dear all friends,
 
Jika anda sedang ditabrak dengan masalah dan pencobaan bergembiralah karena anda sedang dipilih untuk dimurnikan dan dipakai oleh Tuhan.
 
Jika anda mengalami tabrakan dengan masalah dan pencobaan yakinlah bahwa ada rencana Tuhan yang  indah akan terjadi untuk anda.
 
Jika anda ditabrak oleh badai kehidupan yang besar dan Tuhan seperti tertidur, percayalah saat anda membangunkan Dia, maka badai akan segera berlalu ketika Dia menghardik badai itu.
 
Jika anda dii jinkan Tuhan ditabrak dengan masalah dan penderitaan sampai anda merasa sudah seperti berantakan dan hancur berkeping-keping percayalah bahwa itu tak sebanding dengan kemuliaan yang akan anda terima kelak.
 
Sebab penderitaan yang ringan sekarang  ini mengerjakan bagi kami kemulian kekal yang  melebihi segala-galanya jauh lebih besar dari penderitaan kami ( II Korintus 5 : 17 )


Pahlawan-pahlawan sejati Tuhan acap kali muncul setelah tabrakan menimpa mereka.
 
Jesus bless

Tidak ada komentar: