Minggu, 07 November 2010

Tios baca Bible


TIPS BACA BIBLE
By Ricky


Tuhan tidak memerintah kita untuk menyelesaikan membaca Alkitab tetapi alangkah bagusnya jika kita mau  mencoba untuk menyelesaikan dan minimal  buku ini bisa menjadi salah satu bacaan favorit dan kegemaran kita.

Apakah anda kesulitan membaca  Alkitab ?
Apakah anda kesulitan menyelesaikan pembacaan Alkitab ?
Apakah anda pernah mencoba tetapi gagal karena jenuh ?
Ikutlah tips saya di bawah ini.

Sebenarnya dalam waktu singkat kita bisa menyelesaikannya. Tinggal kembali kepada sikap hati dan kesetiaan anda. Apabila anda berniat dan memang rindu membaca, pasti akan selesai.

Saya akan memberikan beberapa tips khusus dari saya  untuk membantu anda menjadi giat baca Alkitab dan kalau bisa  menyelesaikannya.

Tips untuk membaca Alkitab.

Jangan jadikan beban
Jika Alkitab jadi beban anda akan kesulitan untuk anda selesaikan. Anda tidak diberikan date line dari Bapa Surgawi untuk menyelesaikan bukuNya.  Usahakan dalam membaca ini ada kegairahan seperti anda menyukai komik atau majalah kesayangan anda. Tanamkan sikap ini terus menerus . Dalam membaca usahakan anda dalam keadaan rilex dan enjoy.  Sekali lagi jangan jadikan beban tetapi nikmati setiap kalimat dan kata dalam buku ini.

Minta tuntunan Roh Kudus
Sebelum membaca atau memulai baca biasakan berdoa dan meminta Roh Kudus membantu  menyingkapkan Firman Tuhan. Jangan menafsir dengan pengertian sendiri.

Singkapkanlah mataku supaya aku memandang keajaiban dari TauratMu
( Mazmur 119 : 18 )



Sediakan waktu yang tepat untuk membaca.
Anda harus menyusun agenda yang tepat untuk diri anda dan anda yang paling tahu waktu –waktu yang terbaik dalam keseharian anda. Apabila anda merasa nyaman membaca pada waktu malam setelah pulang kantor lakukanlah malam hari. Atau anda bisa membaca sekalipun hanya 10 menit setelah lunch di kantor. Atau mungkin jika anda setiap hari naik Bus dan menghabiskan banyak waktu dijalan, saya sungguh menyarankan agar anda mempergunakan waktu tersebut. Sambil telingamu mendengar lagu rohani mata dan  hati serta pikiran anda menikmati Firman Tuhan. Friends, sekedar sharing saja, bahwa  saya lebih banyak menghabiskan waktu saya di bus dengan membaca.
Daripada BBM dan face book anda bisa ganti dengan baca bible lewat HP anda, bukan ?
Disamping itu sebenarnya anda bisa memiliki waktu-waktu tepat pada saat moment-moment khusus seperti Natal, Paskah, Jumat Agung, dan hari-hari libur. Pergunakanlah special event itu untuk mempelajari kitab suci terutama yang berhubungan dengan perayaannya. Akan banyak pasal bahkan kitab yang bisa anda baca bila anda antusias mencari tahu lebih banyak mengenai makna-makna perayaan tersebut. Cobalah friends.

Berikanlah target plan.
Sesuai kemampuan dan kerinduan saudara,  misalkan seperti target minimal  3 pasal per hari atau 5 pasal per hari.atau lebih banyak pasal pada hari libur. Target ini bukan kemutlakan tapi hanya sebagai parameter untuk membantu kedisiplinan kita dalam membaca.
Plan lain misalnya yang lebih tajam lagi : sehari satu kitab harus selesai. Karena Alkitab ada 66 kitab maka normalnya dalam 60  hari harus selesai.
Ini sebenarnya bisa lebih singkat mengingat banyak kitab yang hanya memiliki 1 sampai 5 pasal.
Anda yang paling tahu kemampuan dan kondisi anda untuk menaruh target plan.

Atur kategori kitab
Tipsnya adalah selesaikan kitab-kitab dengan pasal singkat dan usahakan dibaca pada waktu-waktu luang.
Susun dan pisahkan Kitab-kitab besar ( jumlah pasal dan isinya ), dan jadwalkan kitab-kitab besar itu dibaca pada hari libur.

Berikut saya bagikan kelas-kelas kitab

Kitab sangat ringan hanya satu pasal :  Obaja, Filemon, Yudas, 2 Yohanes, dan 3 Yohanes. ( 5 kitab )
Kitab ringan : maksimal 6  pasal : Rut, Yunus, Hagai, Zefanya, Yoel, Habakuk, Ratapan, Nahum, Maleakhi, Titus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, I Tesalonika, II Tesalonika,  I Timotius, II Timotius, Yakobus, I Petrus, II Petrus, I Yohanes,  ( 22  kitab )
Kitab menengah diatas 6 pasal :  Amos, Mikha, Daniel, Pengkhotbah, Kidung Agung, Nehemia, Ezra, Ester,  ( 8 kitab )
Kitab Berat Ringan : Pasalnya banyak tapi ayatnya jarang atau kalimatnya pendek : Ayub, Mazmur, Amsal. ( 3 kitab )
Kitab Berat : Diatas 12 pasal  : Imamat, Yosua Hakim-hakim, Hosea, Zakaria, Matius, Markus, Lukas, Yohanes., Kisah Rasul, Roma, I Korintus, II Korintus. Ibrani , Wahyu( 15 kitab )
Kitab Super Berat : Diatas 30 pasal. : Kejadian, Keluaran,  Bilangan ,Ulangan, I Samuel, II Samuel ,  I Raja – raja, II Raja- raja I Tawarikh, II Tawarikh, Yesaya, Yeremia, Yehezkiel ( 13 kitab )

Pakai metoda acak.
Kita tidak harus membaca Alkitab secara berurutan tapi bisa dengan metoda acak. Misalnya  Kita bisa mulai dari Injil Yohanes, kemudian ketiga injil lain kemudian baru kitab Kejadian. Dan sesekali diselingi Mazmur atau Amsal.  Metoda ini menurut saya lebih memacu, karena bisa menghindari kejenuhan. Berikut saya berikan contoh schedule dengan metoda ini

Senin : 
Pagi -  Kejadian pasal 1 – 5,
Siang -  Mazmur 1 – 7,
Malam - Yohanes 1 - 6
Selasa
Pagi  -Kejadian pasal 6 – 12,
Siang - Mazmur 8 – 14,
Malam - Yohanes 7 – 15
Rabu
Pagi - Kejadian pasal 13 – 20,
Siang-  Mazmur 15 – 23,
Malam -Yohanes 16 – 21 ( selesai )

Sabtu 
Siang Kitab Kejadian  31 – 50 ( selesai )
Malam Kitab Kisah Rasul  1 - 10
Minggu
Siang - Kitab  Mazmur selesai
Malam - Kitab Kisah Rasul 11 – 24 ( selesai )

Pilihlah target sesuai kapasitas
Sudah disinggung diatas mengenai kategori berat ringan. Maksud saya adalah agar anda bisa membuat planning yang tepat misalnya : Untuk hari Sabtu atau minggu anda bisa membaca lebih dari 5 pasal, dan karena waktu yang panjang anda bisa juga pada hari libur anda memilih untuk membaca kitab-kitab  kategori berat yang  pasalnya panjang seperti kitab-kitab taurat dalam perjanjian lama KEJADIAN, KELUARAN, IMAMAT, dan kitab-kitab sejarah dari YOSUA s/d NEHEMIA.. Kitab nabi-nabi besar seperti YESAYA, YEREMIA, YEHEZKIEL, DANIEL. Juga kitab-kitab Injil dan KISAH PARA RASUL bisa anda baca pada saat-saat ini.
Sementara untuk hari- hari biasa, anda bisa membaca  seperti Surat-surat Rasul Paulus,dan juga MAZMUR, AYUB atau AMSAL, dan juga  4 kisah Injil.

Gunakan waktu-waktu yang terbuang.
Misalnya di dalam bus yang macet, after lunch,  sedang tunggu di ruang dokter, menunggu ibadah dimulai. dll. Jangan BBM sama Face book aja usahakan beli alkitab mini, anda bisa mengantonginya kemana-mana., atau gunakan fasilitas HP.
Untuk waktu-waktu ini saya sering membaca kitab-kitab yang pasalnya singkat seperti surat-surat Rasul Paulus yang pendek : Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, dll. Juga kitab nabi-nabi kecil seperti : Yunus, Mikha, Yoel, Obaja, Amos, Hagai, Zefanya, Habakuk, Nahum, Hosea dll.
Waktu luang lain sebenarnya  selalu ada misalnya  pada saat mau pulang dan sedang panaskan mesin mobil, sambil menunggu anda bisa baca beberapa ayat dan merenungkan. Bisa khan friends ? Atau di Gereja datangnya kecepetan, daripada ngegosip sebaiknya buka HP yang ada program bible atau Alkitab anda bukan ?

Prinsip “I Love You Macet”.
Saya sangat menikmati macet jika naik bus umum. Kenapa ? karena bisa membaca Alkitab. Dalam kemacetan sebenarnya anda punya kesempatan emas ibaratnya memburu atau mengejar setoran dalam membaca Alkitab. Contoh : dalam macet total yang parah, selama 2 jam saya dari Cibinong – Jakarta : Dengan speed normal  ternyata bisa melahap habis kitab I dan II Timotius, Titus, Filemon,  Ibrani, dan Yakobus.
Malamnya ketika pulang dari Jakarta - Cibinong macet nya luar biasa lagi dan saya bisa membaca kitab Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, I Tesalonika, dan II Tesalonika. Cukup lumayan khan ?  Dalam sehari kita bisa menyelesaikan  lebih 1/3 perjanjian baru.  Pernah juga dalam kemacetan yang parah saya bisa baca kitab Roma 16 pasal sampai tuntas. So kalau seumpama macetnya ada 30 kali dan kita pergunakan bukan untuk bengong atau tidur tetapi menekuni Alkitab mungkin saja Alkitab sudah tuntas kita baca habis. Dalam diary kita bisa kita tulis atau simpan dalam file pribadi kita “Tuntas akibat Macet” atau “Terima Kasih Macet” Tapi ini mungkin untuk anda yang rumahnya jauh dan harus setiap kali naik bus. Berbahagialah mereka yang rumahnya di Bogor, Bekasi Timur, Cengkareng, Cikarang atau Depok.

Hindari ‘Imamat Syndrome”.
Bagi kebanyakan orang, kitab Imamat menjadi tembok penghalang untuk membaca Alkitab. Kitab  ini memang membuat pusing pembaca karena berisi aneka macam aturan dan tata ibadah.Sehingga program baca kita yang pada  awalnya gampang menjadi susah karena kitab imamat ini. Gampang-gampang susah jadinya, gara-gara kitab imamat. Banyak sekali orang dan teman mengalami masalah dengan kitab Imamat ini.
Tips nya : lewati dulu kitab ini, dan usahakan mencari buku penuntun khusus kitab imamat sembari membacanya.. Tips lainnya adalah membaca kitab Ibrani bersamaan dengan kitab Imamat karena keduanya sangat berhubungan. Atau bisa juga mengikuti PA membahas kitab ini, jadi ada acuan untuk mengutak-atik kitab yang bikin suntuk ini.

Nikmati isi nya .
Program baca Alkitab akan menjadi beban atau sesuatu yang membosankan jika anda membaca dengan suatu tuntutan, karena itu usahakan menikmati isi Alkitab ini. Bacalah kitab – kitab sejarah : Kejadian sampai Ulangan dan Hakim-hakim sampai Nehemia seperti membaca suatu kisah komik atau sejarah. Usahakan anda mengimajinasi tokoh-tokohnya. Atau bisa juga diselingi  dengan membaca komik alkitab mini anak-anak, sehingga ketika anda membaca alkitab anda sudah bisa bayangkan tokoh-tokoh tersebut. Ini akan memacu minat baca.  Bacalah kitab Mazmur seolah anda baca buku puisi yang bermutu tinggi atau sedang membaca buku Khalil Gibran. For your Info Mazmur 1000 kali lebih bermutu disbanding Khalil Gibran.
Baca kitab  Amsal sebagai suatu buku pintar  atau buku penuntun moral dalam kehidupan sehari-hari
Alkitab terdiri dari beberapa bagian yang bisa kita pilah –pilah atas :
1.     Hukum  ( pentateukh , atau taurat Musa ),
2.    Sejarah, Syair atau puisi,
3.     Kitab nabi besar, nabi kecil,
4.     Wahyu.
Karena itu seperti halnya makanan yang berbeda kita harus tahu cara makannya . Misalnya kitab Taurat harus makan dengan tangan, kitab Puisi ibarat Ice Cream atau Juice harus memakai sedotan, kitab para Nabi harus memakai pisau karena keras, dan berat. Kitab Wahyu harus makannya hati-hati.
Saya ibaratkan baca Alkitab sebagai suatu acara pesta atau menikmati makanan pesta (perjamuan pesta ). Jadi ada appetizer ( makanan pembuka ) main menu, pasta, salad, minuman, kue –kue, pudding, buah dan juga menu dessert ( penutup )
Anda bisa menikmati salad  “Genesis” atau “Exodus”, kemudian anda bisa coba pasta “ Lamentations” atau “Leviticus”, juga ada pudding “Ester”, Special Juice “Song of Songs” atau Es Krim “Proverbs”  dan tentu saja harus mencicipi main menu  “4 Gospels “as Matthew, Mark, Luke, and John”. Yang suka makan sate bisa coba sate “Isaiah, Ezekiel or Jeremy”.  Bagi yang mau makan sedikit ribet you can try “Kepiting saus tiram “Hebrew” atau “Revelation Barbecue”
Enak khan friends ?

Pakai elemen bantuan.
Untuk kitab –kitab yang berat ( sukar dipahami ) saya sarankan beli buku pengantarnya atau tafsiran ( Perjanjian lama dan baru ), dan sediakan waktu khusus misalnya hari libur atau cuti.
Kitab –kitab seperti Kidung Agung, Wahyu, Daniel, Zakaria, Yehezkiel, Yeremia, Yesaya, Ibrani, Yohanes adalah kitab-kitab berat dan penuh dengan kiasan-kiasan atau nubuat sehingga bisa membuat anda merasa bingung dan  jenuh.
Disamping itu elemen bantu lainnya seperti mendengar kaset khotbah, dan siaran radio akan membuat anda tertarik untuk membuka Alkitab.
Saya teringat waktu ditempat kost saya beberapa tahun lalu. Tanpa terasa Alkitab saya yang sebelumnya putih mulus, karena jarang dibuka apalagi dibaca, kini sudah penuh dengan warna-warni stabilo dan pinsil warna karena penandaan ayat –ayat baru, dimana semua itu tercatat, karena elemen-elemen bantuan seperti mendengar radio RPK, dan acuan dari warta jemaat atau buku-buku rohani dan juga kaset –kaset khotbah. Belum setahun ternyata hampir setiap halaman sudah ada warnanya.
Dan salah satu elemen bantu aktif adalah terjun dalam pelayanan atau mengikuti Cell group, PA, KTB ,SPK, COOL, dan semacamnya.. Juga anda akan menjadi bertekun membaca dan mencari ayat-ayat kitab suci ketika mendapat tugas menjadi pembicara di ibadah kelompok atau di ibadah sector , ibadah pemuda, ibadah kaum ibu, kaum bapak dsb. 
Latihlah dirimu beribadah, Latihan badani terbatas manfaatnya tetapi ibadah bermanfaat dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun hidup yang akan datang. ( II Timotius 4 : 7 – 8 )

Jadikan Repetisi Ibadah menjadi habit.
Membaca ulang lagi Firman Tuhan yang diterima di Gereja atau PD akan membuat kita semakin bergairah membaca dan membuat kita lebih mudah untuk memulai membaca Alkitab.
Misalnya hari minggu Firman Tuhan di Wahyu pasal 13, kemudian kita membaca ulang dirumah dan tanpa sadar karena saking asyiknya membaca ternyata seluruh 22 pasal kitab Wahyu sudah selesai kita baca.
Hal ini bila  menjadi habit akan  sangat positip untuk minat baca kita.
Bawa Stabilo atau pensil warna dalam alkitab anda dan setiap kali ada bagian Firman Tuhan yang menyentuh hati anda segera tandai dan jangan lupa  catat pada buku catatan khotbah sehingga anda bisa lakukan repetisi jika sudah di rumah.

Buatlah check list
Check list ini untuk membantu  mengetahui progresivitas. Hal ini akan memacu kita untuk cepat menyelesaikan pembacaan kita dan membuat planning. Yang lebih mudah.  Salah satu teknik adalah baca dan selesaikan kitab-kitab yang pasalnya sedikit dan contreng tanda ( P ) jika sudah selesai.  Tipsnya hampir sama, selesaikan kitab-kitab kecil sehingga memacu anda menyelesaikan kitab –kitab besar lainnya. Misalkan dari 66 kitab dan anda sudah selesai baca kitab-kitab kecil sebanyak 15 kitab maka  secara sugesti anda bisa  terpacu untuk menyelesaikan.

Make it Funny  with Helping games and  seek treasure
Ada lagi satu tips yang sangat bermanfaat yang sering saya lakukan dimana tips ini sangat membantu dan bisa  membuat kita gemar membaca alkitab dan bisa juga dengan cepat membantu menyelesaikan pembacaan Alkitab. Teknik ini saya sebut  “Helping games” and “seek treasure”
Jika mengalami kejenuhan atau stagnasi, buatlah variasi  Helping games and  seek treasure misalnya :
Menghitung seberapa banyak kata Haleluya dalam kitab Mazmur  ( mazmur selesai deh )
Menghitung kata sia-sia dalam kitab Pengkhotbah.( Kitab Pengkhotbah abis deh )
Mencari dan hitung peranan Roh Kudus dalam Kisah Para Rasul. ( Kitab kisah rasul selesai deh )
Menghitung ada berapa Raja atau negeri yang ditaklukkan Israel dari kitab Keluaran sampai Ulangan. ( 3 kitab Taurat bisa selesai )
Mendata  profile Raja – raja  dan membandingkan dari Kitab I dan II  Raja-Raja dengan  I dan II Tawarikh. ( abis deh kitab –kitab diatas )
Mencari ayat –ayat  yang berhubungan dengan topic  malas, bebal, dosa lidah, atau sombong dalam kitab Amsal. ( abis deh kitab Amsal dibaca )
Mendata umur –umur tokoh-tokoh  dalam Alkitab khususnya Bapa –bapa leluhur.( inilah cara jitu melahap kitab kejadian )
Membandingkan peristiwa –peristiwa mengenai Tuhan Yesus yang diceritakan ke empat injil,  ( dijamin habis 4 kita gospel )
Menghitung kata “Dalam Dia, atau Dalam Kristus dalam surat-surat Rasul Paulus.  ( dijamin 13 surat Paulus habis dilahap )

Seek treasury cara lain adalah anda bisa lihat ayat referensi yang ada dibagian bawah Alkitab dengan huruf kecil, bacalah semua ayat ayat refefrensi itu setiap kali anda menemukannya. Seringkali dengan membaca ayat referensi ini akan menggiring kita akan membaca lebih banyak ayat.
Contohnya ketika anda membaca Matius pasal 4 maka ada ayat referensi seperti Mazmur 91 dan Ulangan pasal 6 tertulis dengan huruf kecil pada bagian bawah. Anda bisa setop baca Matius dan kemudian pindah ke Mazmur 91 tersebut.  Nah jika semua halaman and abaca seperti itu bisa membuat anda lebih bersemangat lagi membaca. Silahkan coba.

Asal anda melakukan helping games dan seek treasure ini dengan antusias dan sukacita. serta konsisten, saya jamin isi Alkitab akan cepat dilahap oleh anda. SILAHKAN COBA..

Mengikuti   Semangat Berea ( Berea Spirit )
Jemaat Berea adalah jemaat yang sangat antusias dalam membaca kitab suci dan bukan hanya membaca tetapi menyelidiki. Alkitab menuliskan bahwa  Orang-orang Yahudi di Berea lebih terbuka hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima Firman itu dengan segala kerelaan hati dan setia hari mereka menyelediki kitab suci untuk mengetahui apakah semua itu benar demikian. ( Kisah Rasul 17 : 11 )
Seringkali dengan menyelidiki anda bisa menemukan rahasia-rahasia yang belum tersingkap dalam buku Ajaib ini. Watchman Nee, Witness Lee, Santo Agustinus, dan D L Moody,  adalah tokoh-tokoh  yang sering menemukan rahasia-rahasia baru dalam Bible karena ketekunan membaca Alkitab.
Jika kita memiliki semangat Berea, besar kemungkinan Alkitab akan bisa kita cicipi sampai habis.

Demikian tips untuk anda membaca Bible sampai tuntas.


Berikut ini saya sampaikan suatu metoda atau contoh planning pembacaan.

METODA KONSTANT

Saya punya suatu metoda yang sangat simple dan tanpa beban.
Sistemnya simple dan tidak membuat anda tertekan, yaitu minimal satu kitab satu bulan  jadi dalam 31 BULAN anda sudah menyelesaikan

Caranya adalah setiap Bulan anda harus menyelesaikan agenda di bawah ini

BULAN   KITAB
       
1       Kejadian
2      Keluaran
3       Imamat
4       Bilangan
5       Ulangan
6       Yosua
7      Hakim-hakim dan Rut
8      I Samuel dan II Samuel
9      I Raja-raja dan II Raja-raja
10     I Tawarikh dan II Tawarikh
11     Ezra, Nehemia, Ezra
12     Ayub
13     Mazmur
14     Amsal
15     Pengkhotbah dan Kidung Agung
16     Yesaya
17     Yeremia dan Ratapan
18     Yehezkiel
19     Daniel
20     Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakaria, Maleakhi
21     Matius
22     Markus
23     Lukas
24     Yohanes
25     Kisah Rasul
26     Roma
27     I Korintus dan II Korintus
28     Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, I Tesalonika, II Tesalonika, I Timotius, II Timotius, Filemon
29     Ibrani
30     Yakobus, I Petrus, II Petrus, I, II, dan III Yohanes, Yudas
31     Wahyu


Kalau memang anda target dalam sebulan SELESAI  sebenarnya bisa selesai jika 31 kali pertemuan ini anda atur dengan kemampuan anda.

Caranya adalah setiap hari satu kitab dengan membaca kitab –kitab berat pada hari libur atau Sabtu Minggu.

Misalnya   dalam sebulan ada 8 hari libur ( sabtu minggu ) plus  2 hari libur nasional, maka jika anda niat membaca bisa anda atur sesuai waktu anda.

10 Hari libur itu bisa anda memilih membaca   10 KITAB BERAT seperti

BULAN   KITAB
       
1       Kejadian
2      Keluaran
3       Ulangan
4       I Samuel dan II Samuel
5       I Raja-raja dan II Raja-raja
6       I Tawarikh dan II Tawarikh
7      Yesaya
8      Yeremia dan Ratapan
9      Yehezkiel
10     Kisah Rasul

Selanjutnya, kitab-kitab lain anda konstan baca  1 kitab sehari, maka selesailah dalam sebulan.

Penutup :

Saya bukan memaksa anda untuk menjadi ahli taurat dan ahli kitab, namun hanya memberikan tips agar anda menyukai membaca Alkitab. Atau mungkin ada diantara anda yang pernah pengin membaca Alkitab hingga selesai tapi gagal, semoga tips ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Selamat membaca

Tuhan Yesus memberkati


Tidak ada komentar: