Minggu, 07 November 2010

Lebih cepat lebih baik

Lebih cepat lebih baik
By Ricky – Jakarta 7 Oktober 2010
 
Dr Horatius Bonar Penginjil Skotlandia pada abad 19 pernah menyelidiki dan bertanya kepada 235 teman Kristennya, tentang pada usia berapakah mereka bertobat menerima Kristus di dalam hidupnya.
Berikut adalah jawaban yang ia peroleh
 
Di bawah 20 tahun ada : 138 orang
Antara 20 – 30 tahun ada : 85 orang
Antara 30 – 40 tahun ada : 22 orang
Antara 40 – 50 tahun ada :4 orang
Antara 50 – 60 tahun ada : 3 orang
Antara 660- 70 tahun ada : 1 orang
Di atas 70 tahun :  0 orang
(Noted : survey ini dilakukan sudah lebih dari  100 tahun lalu dan apakah angka-angkanya masih seperti itu masih diragukan, karena saat ini banyak gereja di Eropa sudah tutup )
 
Dari riset Dr Horatius Bonar  ( namanya mirip orang Batak hehe ) dapatlah disimpulkan bahwa pendidikan dan pengajaran Kristen sebaiknya dijalankan se dini mungkin. Karena itu kita juga harus berterima kasih kepada Guru –guru sekolah minggu.
 
Sebagai orang tua :  Mengenalkan seorang anak kepada Kristus, berarti menyelamatkan seluruh hidup anak itu dan mempersiapkan dia untuk hidup bagi Tuhan.
 
Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak menyimpang ( Amsal 22 :6 )
 
Dan sebagai orang orang yang terpanggil :
Betapa pentingnya kita mempersembahkan diri kita kepada Kristus pada masa muda. Lebih cepat lebih baik. Semakin muda ( cepat ) seseorang menyandarkan iman kepada Tuhan, semakin banyak waktu yang dapat ia gunakan untuk hidup bagi Tuhan, dan semakin banyak ia bisa menerima kelimpahan kasih karunia Tuhan.
 
Dwight L Moody dalam satu pelayanan ditanya seseorang.
“Pak Mooody hari ini ada berapa orang yang bertobat ?”
Moddy menjawab “Malam ini ada  3 ½  jiwa menerima Yesus
Penanya bertanya lagi, “Kok 3 ½ jiwa maksudnya apa pak ?”
“ Ada 3 anak muda dan satu lelaki yang sudah tua.”
 
Teman penginjil terkenal David Livingstone pernah berkomitmen bersama David, akan melayani Tuhan pada waktu muda, namun karena berbagai alasan ia menolak. Setelah mendengar kesaksian David Livingstone yang begitu luar biasa di benua Afrika, temannya ini ingin melayani Tuhan setelah pensiun. Namun apa yang terjadi ternyata dirinya telah mengidap suatu penyakit kronis yang menyebabkan dia tidak bisa hidup sehat dan membuat dia sulit untuk melayani Tuhan .
 
Hudson Taylor yang menginjil di daratan Cina, didatangi seorang anak muda yang baru bertobat.
Anak muda : “Pak pendeta saya sudah menerima Yesus namun saya belum bisa melayani karena saya masih muda nanti saja setelah saya dewasa.
Hudson Taylor : “Anak muda, ketika sebuah lilin dibakar lilin itu akan segera  menyala, dan setelah menyala apa yang terjadi ? Lilin itu akan meleleh. Kamu setelah menerima terang Kristus hidupmu, dan dibakar oleh Roh Kudus akan  segera meleleh untuk Kerajaan Allah.
 
Menyerahkan hidup bagi Tuhan bukan berarti harus terjun dalam pelayanan atau menjadi hamba Tuhan, tetapi menyerahkan hidupmu untuk berjalan dalam kebenaran dan meninggalkan hidup yang lama.
Ketika engkau berjalan bersama Tuhan dalam kebenaran, engkau akan menjadi murid Tuhan dan akan segera menjadi mitra kerja Tuhan atau kawan sekerja Allah. Jika anda benar-benar serius mempersembahkan hidupmu bagi Tuhan, Roh Kudus akan membuat anda bergairah serta mendorong anda  untuk memberikan hidup anda   melayani Tuhan dalam bentuk sesederhana apapun.
 
Satu hal lagi apabila engkau menyerahkan hidupmu lebih cepat  bagi Tuhan, artinya membuat Tuhan senang bisa lebih cepat memilikimu, membentukmu  memakaimu, dan memberkatimu. Lewat dirimu dan waktumu banyak hal yang bisa digunakan oleh Tuhan untuk KerajaanNya, dibanding engkau menyerahkan dirimu seperti salah satu  penyamun di atas kayu salib.  Penyamun itu selamat tapi, tidak menikmati kelimpahan anugerah dan kasih karunia Tuhan selama di dunia ini. Kontribusi apakah yang engkau berikan Tuhan dan kepada Kerajaan Allah jika hanya pada detik-detik terakhir engkau menerima Yesus seperti penyamun tersebut ?  Jika di Surga ada ukuran upah besar dan kecil sesuai kebenaran dan jerih lelah atau kontribusi kita selama di dunia apakah nanti ukuran mahkota mu akan sekecil kontribusimu ?
 
Lebih cepat anda menerima Yesus, maka akan banyak kesempatan anda mendapatkan menikmati kasih karunia Tuhan, pertolongan Tuhan, juga berkat-berkat yang sudah Tuhan sediakan untuk anda. Anda juga akan menikmati hubungan intim dan mesra dengan Tuhan. Rencana Tuhan akan digenapi dalam hidup anda betapa bahagianya itu.
Apakah anda tidak ingin mengalami hari-hari indah bersama dengan Tuhan, Bapamu ? . . . . . Lebih cepat lebih baik .
Sungguh saudaraku, ketika engkau menyerahkan hidupmu bagi Allah dan berjumpa dengan penebusmu, itu adalah hari yang sungguh indah dan bersejarah bagimu. This is the very best day of your life
Seperti pujian kesenangan anak-anak Primadoa PD Abdul Muis “Hari yang terindah “
 
Hari yang terindah ketika kujumpa
Dengan Yesus yang menjadi kekasih hatiku
Walau banyak rintangan jalan yang dihadapan
KasihNya kini jadi kuatku
 
Dihatiku  ada cintaNya
Dihatiku ku cinta padaNya
Ku ingin selalu mendengar suaranya
Bertumbuh dalam iman kepadaNya
 
Inga –inga jo basudara, jang tunggu lama lai lebe capat lebe bae
 
Ingatlah penciptamu pada masa mudamu ( Pengkhotbah 12 : 1 )
 
Doa : Bapa Surgawi, sekarang saya mengerti bahwa hidupku bukan milikku lagi tetapi adalah milikMu. Engkau Yesus yang sudah membayar lunas diriku dengan menyerahkan hidupMu di atas kayu salib untuk menebus segala dosa dan kesalahanku. Engkau mati menggantikan diriku yang seharusnya di eksekusi di sana . Sejak saya kecil dan menjadi Kristen saya belum serius untuk hidup bagiMu dan bagi KerajaanMu, sekarang saya mengerti bahwa Engkau sangat merindukan diriku untuk hidup bagiMu dan Engkau sendiri ingin menggunakan diriku sebagai alat KerajaanMu, karena itu mulai sekarang saya berkomitmen untuk hidup bagiMu Tuhan, siap menjadi sahabatMu yang akan dituntun setiap saat dan waktu, siap meleleh dan digunakan olehMu sebagai mitra kerjaMu. Ajarilah aku disetiap tempat dan waktu, dan bentuklah serta perlengkapi aku didalam menjalani penggenapan rencanaMu di dalam aku. Penuhi aku dengan Roh KudusMu dan jangan pernah tinggalkan aku dalam segala situasi dan kondisi. Inilah hidupku Tuhan kuserahkan semua cita-cita dan masa depanku untuk Mu.
 
Jesus Bless
 
Regards
 
Ricky

Tidak ada komentar: