Sabtu, 25 September 2010

Build an Ark

Bangun Bahtera
Jumat 23 September 2010
 
On this morning I had received  mail from my brother Davy.  Sebuah email yang sungguh –sunguh berharga sekaligus memberikan inpirasi pribadi dan  himbauan atau ajakan agar kita bersegera melakukan apa yang merupakan kerinduan Tuhan.
Thanks Bro Davy
 
Build An
 Ark Head For The Open Water
Save Your Sons And Your Daughters
Build An
 Ark
 
Build An
 Ark When The Storm Is Ended
You'll Know The World Has Been Mended
Build An
 Ark
  
Build ark atau bangunlah Bahtera
 
Bangun lah bahtera adalah ajakan Tuhan untuk semua anak-anakNya.
Ini adalah saat-saat terakhir friends dan ketika mendengar kata-kata ini saya merasa tertantang untuk segera membangun bahtera.
 
Bahtera adalah keluargamu, bahtera adalah komunitasmu.Bahtera adalah suatu mezbah atau komunitas dimana engkau adalah imamnya
Bahtera Nuh memang besar  tetapi hanya di isi oleh 8 orang artinya dalam ruang lingkup kecil dan anda adalah imamnya
Jika anda adalah seorang suami atau kepala keluarga maka tugas utama anda diakhir zaman ini adalah membuat bahtera.
 
Apa itu bahtera ?  bahtera adalah kapal atau sesuatu benda besar yang diciptakan agar  bisa mengapung. Zaman dulu belum ada kapal karena menurut penelitian waktu itu belum ada lautan sebelum sekarang.  Alkitab berkata bahwa pada zaman Peleg barulah bumi terbagi dan itu adalah zaman setelah zaman nuh atau sesudah banjir besar akibat hukuman Allah atas bumi ini. Jadi waktu itu Nuh sebenarnya membuat sesuatu yang aneh dan bisa dikatakan orang pada masa itu sebagai orang yang tak waras. Sungguh aneh masak ada manusia yang membuat bahtera di atas gunung, emang mau kemana tuh kapal raksasa ? Mau diangkat ke sungai pakai apa ?
 
Dulu menurut para ahli baru ada sungai, karena laut belum ada, nanti setelah sesuatu peristiwa ( gempa atau sesuatu dorongan maha dahsyat ) maka laut muncul. Hal ini membuktikan Alkitab adalah benar, karena alkitab mengatakan bahwa tingkap-tingkap di udara  ( langit ) dan dibawah terbuka. Hal mana menyebabkan suatu terjangan air yang luar biasa dari atas maupun bawah. Dulu atmosfir bumi belum seperti sekarang karena belum ada hujan. Ini juga sesuai dengan kata Alkitab. Setelah peristiiwa penghukuman tersebut barulah atmosfir dan lapisan udara berubah seperti sekarang. Ketika itu muncul pelangi yang kita tahu bahwa pelangi ini terjadi akibat membiasnya uap air pada cahaya matahari. Para ahli memperkirakan bahwa air yang ada diatas bumi yang dikatakan oleh Alkitab adalah-benar-benar air dan bukan air kiasan Air ini dalam bentuk jenuh  atau supra jenuh. 
 
Namun itulah hal yang membuat iman Nuh diperhitungkan oleh Allah. Dalam keadaan dosa yang begitu besar dan cemohaan dari orang –orang sekitarnya ,Nuh tetap setia membuat Bahtera.
 
Firman Tuhan juga berkata bahwa “ kedatangan anak manusia pada akhir zaman akan sama seperti zaman Nuh
Sama seperti zaman Nuh demikianlah pula kedatangan anak manusia. Mereka makan dan minum ,kawin dan dikawinkan, sampai pada hari Nuh masuk ke dalam bahtera lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua. ( Lukas 17 :  27 )
 
Dunia semakin jahat, seperti zaman Nuh, banyak yang akan menertawakan engkau atau bahkan mencemoohkan engkau karena engkau memilih bertobat, banyak yang akan bingung dengan keputusanmu untuk melayani Tuhan atau aktif dalam persekutuan, tetapi jangan mundur dan merasa aneh teruskan membuat bahtera.
Mungkin ada orang yang membuatmu tawar hati dengan mengatakan sikapmu yang belum sempurna dan masih sama saja dengan orang berdosa, percuma saya kamu bertobat karena masih sama saja seperti dulu,  atau bahkan  mengintimidasimu dengan masa lalumu yang bergelimang dosa, jangan bimbang  tetap jalankan misi yang Allah inginkan “keep build your Ark”
 
Build your ark  ( membangun  bahtera)  adalah membangun  kehidupanmu. Dengan membangun hidupmu di dalam Tuhan ( Kolose 2 : 6 – 7 ) maka engkau bisa membawa anggota keluargamu kedalam bahteramu
Jadi bangunlah terlebih dulumu sebagai Imam yang Rajani sehingga bahteramu akan siap mengapung dalam dunia yang bergelora ini.
 
Bahtera didisain secara khusus agar seminimal mungkin tidak bisa berhubungan dengan dunia yang sedang dilanda badai ini.  Perhatikan bahwa bahtera berbeda dengan kapal-kapal modern yang memiliki banyak jendela atau anjungan untuk melihat dunia atau menikmati nikmatnya dunia. Bahtera berbeda karena hanya memiliki tingkap kecil diatas dan sangat sulit atau bahkan tak akan pernah bisa melihat keadaan. Itulah sebabnya Nuh perlu mengetest apakah bumi sudah kering dengan mengirimkan beberapa burung.  Artinya bahtera hanya meminta kita melihat dan memandang kepada tingkap di atas atau hanya mengarahkan pandangan kita kepada Tuhan.  Tuhan hanya ingin kita menyerahkan segala sesuatu persoalan dan kekuatiran dengan memandang ke atas dimana Allah kita yang lebih besar dari segala-galanya. Jangan kuatir terhadapa apapun tetapi lihatlah ke tingkap bahteramu disanalah sumber pertolonganmu.

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga ,tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. ( Filipi 4 : 6 )
 
Dalam perjalanan selama bumi dilanda air bah Nuh sepertrinya bete hanya memandang ke 7 manusia terdekatnya dan suara-suara hewan yang bermacam-macam itu. Selama setahun Nuh mungkin boring hanya memberi makan hewan dan bercanda atau main play station dengan anak-anaknya ( maksudnya play station zaman itu terserah apa kek hehehehe ). Sementara di luar air bah merajalela, bahtera mungkin berguncang kesana –kemari dipermainkan gelombang dahsyat, dan cuaca yang sangat buruk, namun Nuh tetap di dalam Bahtera dan sesekali memandang ke tingkap.  Nuh pasti normal tidak pengin iseng keluar bahtera, lagipula imposible karena Tangan Tuhan telah menutup pintu bahtera.
 
Inilah gambaran kehidupan kita dalam Kristus, setelah ditebus menjadi milik Kristus hidup kita dimasukkan dan disembunyikan dalam bahtera
Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah ( Kolose 3 : 3 )
Anda setelah ditebus harus segera keluar dari dunia. Umat Israel setelah makan paskah harus segera mengikat pinggang dan bergegas meninggalkan mesir. Mesir adalah lambang dunia. Setelah anda bersatu dengan tubuh dan darah Kristus anda harus keluar dari dunia.  Anda harus segera berada  didalam bahtera. Memang dalam bahtera anda akan boring dan sepertinya anda dibawa kepada suatu kehidupan baru yang tidak sama.dengan yang dunia berikan berupa kenikmatan dan kesenangan walaupun dilapisi dosa. Namun itulah jalan yang harus anda tapaki, dan itulah artinya memilkul salib. Setelah anda menerima Yesus, Dia inginkan anda menjadi miliknya yang akan dibentuk menjadi ciptaan baru yang terus menerus akan diperbaharui, karena itu anda harus masuk dalam Bahtera Tuhan. Anda harus meninggalkan dunia yang akan binasa ini jangan lagi jatuh cinta kepada dunia dengan segala keinginannya
 
I YOHANES 2 : 15-17
Jangan lah mengasihi dunia dengan apa yang ada didalamnya , jika seseorang mengasihi dunia maka kasih Bapa tidak ada di dalam Dia sebab semua yang ada dalam dunia,yaitu keinginan daging,dan keinginan mata serta keangkuhan hidup,bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya,tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya
 
Tetapi satu hal yang perlu anda ketahui adalah anda aman dan tidak mengalami badai atau terjangan air bah yang akan membawa kebinasaan. Anda hanya akan mengalami  sedikit goncangan dan membuat anda kuatir seperti Nuh dan keluarganya namun goncangan itu tak akan sampai membinasakan anda. . . . Anda ada dalam lindungan Allah.
 
Masih banyak anggota keluargamu yang belum masuk dalam bahtera, tugas anda adalah mengumpulkan mereka dan membawa mereka ke dalam bahtera.. Jangan biarkan anggota keluargamu hanya menontonmu membuat bahtera, panggil dan bawa mereka ke dalam bahtera., bahkan turut membuat bahtera seperti Nuh dan anak-anaknya.
 
Firman Tuhan berkata “ Percaya ke pada Tuhan Yesus Kritus maka engkau akan Selamat, engkau dan seisi rumahmu ( Kisah Para Rasul 16 : 31 )

JBU ALL

Tidak ada komentar: