Jumat, 17 September 2010

Sorry sorry sorry Jack

5 September 2010
 
Penggalan lagu “Keong Racun” ini sudah begitu terkenal hampir di semua lapisan masyarakat Indonesia .. Lagu yang tiba-tiba muncul ke permukaan sekalipun menyembul dengan memakai alat bantu. Mungkin kedua personil itu kurang mahir berenang atau menyelam sehingga perlu bantuan Lips Sync hehehe, yang jelas lagu keong racun dengan ciri khas  “sorry-sorry-sorry Jack” begitu diterima bahkan tiba-tiba menjadi sangat tenar mengimbangi demam piala dunia  2010 dengan lagu  wakawaka  ( This time for Africa )itu..
 
Kata “sorry”, bersama  dengan “Thanks” dan “Help” adalah “magic words” atau kata-kata ajaib seperti penuturan beberapa psikolog. Dengan “sorry” kita bisa membuka suatu percakapan, usul, atau bentuk protes yang bersifat positip dan dengan sinyal netral. Dengan ucapan “sorry “kita  juga bisa mengungkapkan penolakan atau alasan dari kita dan berharap pihak yang lain tidak terganggu atau bisa memahami. Dan dengan ucapan sorry kita bisa mengambil keputusan Yes or No.
 
Hari ini saya menggiring teman-teman semua kepada sebuah realita penolakan secara halus dibungkus alasan dan ucapan international “Sorry”.
 
Sebelum membaca inspirasi renungan ini sebaiknya buka Alkitab saudara, dan baca Lukas 14 : 15 -24 dan juga  saya sarankan bacalah pada saat yang tepat, karena inspirasi renungan ini cukup panjang. Bacalah pada saat after workhours atau lunch time., atau bacalah dirumah sebagai renungan pagi. Daripada ngegossip tak karuan atau nyanyi lagu keong racun mendingan makan Firman Tuhan yang membuat anda penuh dengan Vitamin Rohani.
 
Okay Friends jika anda sudah baca bagian Alkitab di atas here we go  !
Dalam Lukas pasal 14 kita bisa melihat contoh 3 jenis penolakan dengan alasan-alasan, bahkan terkesan alasan-alasan yang dibuat-buat. 
 
Yang pertama alasannya baru membeli lahan dan tidak ada waktu untuk datang kepesta karena harus pergi melihatnya. Dengan wajah tersenyum dia berkata sorry-sorry Jack.
Apa itu lahan ? lahan adalah sesuatu yang digarap, sesuatu yang diusahakan, sesuatu yang ditanam, sesuatu yang menuntut kerja dan berjerih lelah, dan mungkin juga suatu kerja yang menghasilkan keuntungan besar, atau bisa suatu karir kehidupan yang gilang gemilang.
Lahan harus ditelusuri, harus diawasi, harus dirawat dan menyita tenaga dan waktu kita. Jadi lahan konotasinya adalah kerja-kerja dan kerja. Kerja itu harus dan wajib bagi semua anak Tuhan, bahkan Firman Tuhan berkata Orang yang tidak mau bekerja janganlah ia makan ( 2 Tesalonika 3 : 10 ). Namun dalam melakukan pekerjaan jangan sampai pekerjaan itu membuat kita melupakan Tuhan dan menyepelekan undanganNya. Apakah tak ada selang waktu kita sempatkan kepada Tuhan ? apakah selama 7 days we  keep on work  ?  Apakah si penolak pertama dalam injil Lukas ini memang sedang dalam keadaan urgent untuk suatu kesempatan mendapat keuntungan  yang mega besar ?  atau memang dia sudah menjadi sangat werkoholik sehingga lagu the Beatles “eight days a week” menjadi rhema negatip dalam pola kerjanya ?
Lukas tidak menjabarkan bahwa orang pertama ini sedang dalam keadaan akan mengeruk keuntungan untuk suatu hasil usahanya, tetapi Dr Lukas yang teliti ini memberitahukan bahwa orang tersebut baru saja memberi lahan.  Apakah alasan ini bisa diterima ?  Renungkan sendiri, lahan baru saja dibeli dan mungkin belum ada sesuatu yang bisa dimulai, mungkin baru tahap pengenalan medan atau melihat kondisi. Jadi bukan sesuatu yang urgent khan ? Kalau perkara melihat mungkin tidak menghabiskan waktu, dan bisa saja menyempatkan datang ke pesta akbar yang diadakan gratis itu. Tetapi tetap orang ini mengatakan sorry-sorry –sorry Jack.  Jadi ini tetap adalah alasan halus menolak undangan gratis tersebut.
 
Penolakan kedua adalah seseorang yang baru membeli Lima pasang lembu dan berkata “Maaf saya harus pergi mencobanya”  Sorry-sorry-sorry Jack.
Alasan apa lagi ini ?  Lembu baru dibeli dan dia ingin mencoba. Kira –kira apa maksudnya mencoba, apakah melihat apakah lembu ini galak atau jinak ? atau Lembunya rukun-rukun saja tidak terjadi pelanggaran HAL ? ( hak asasi lembu ). Mencoba apa ?  kalau Mobil baru mungkin masuk akal ya ? atau kalau kuda khan harus dicoba tapi Tuhan Yesus membuat parable yang jelas dan jitu. Bukan kuda tapi lembu, dan mana ada dalam sejarah orang naik lembu ?   Lembu bisa berarti Bisnis karena juga akan menghasilkan, atau bisa juga suatu hobby, dan kesenangan. Terkadang semua itu membuat kita mengabaikan hal –hal yang lebih berharga.  Kadang ada orang yang lebih menekuni hobby sehingga menomorduakan keluarga apalagi Tuhan.
5 pasang lembu artinya berjumlah 10 dan bisa saja kita alegorikan dengan jumlah jari kita, yang artinya suatu pekerjaan atau hobby yang dikerjakan serius oleh segenap kekuatan tangan kita. Hobby dan kegemaran boleh saja, namun, apakah dengan semua itu kita menomorduakan Tuhan ? Apakah dengan kesibukan dan  hobby, kita mengabaikan undangan makan gratis ini ? Jadi orang inipun mencari-cari alasan,dan alasannya tidak tepat. Apakah diri kita juga sering mencari-cari alasan untuk menghindar dari undangan Tuhan ?  jujurlah katakan kepada dirimu sendiri. Acap kali kita sangat piawai dan ahli untuk menelorkan suatu alasan. Dan alasan-alasan itu kadang sungguh spektakuler dan bisa diterima karena sudah diselimuti dengan sedikit olesan kebohongan dan dusta. Bayangkan untuk menolak undangan Bapa Surgawi kadang kita dengan mudah memberikan alasan-alasan yang sebenarnya menyakiti nurani kita sendiri.
 
Yang ketiga ini adalah alasan yang sangat tidak masuk akal . It’s very Funny and nonsense.  “Saya baru saja menikah jadi saya tidak bisa datang” Alangkah lucu kalau orang yang baru menikah takut keluar rumah. Bible not said  that they  went to  other place to enjoyed their Honey moon. So what the reason the husband refuge the invitation ? Apakah dia malu isterinya terlalu cantik sementara ia biasa-biasa saja. Beauty and the Beast dong ?
Atau malu sama mantan-mantannya ? atau jangan-jangan kawin mereka nggak sah hehehe. So clearly bahwa dia mencari alasan juga  untuk menolak undangan makan gratis itu. Sorry-sorry-sorry Jack kembali bergema.
Mengapa tidak memberi alasan yang lain yang mungkin masih dapat diterima . Misalnya Isteri saya sakit, dan saya harus menjaganya. Atau ada kedukaan jadi sorry kami tak bisa datang. Alasan ketiga ( baru kawin )ini mungkin adalah alasan yang paling tidak masuk akal, dan kita juga terlampau sering memberi alasan-alasan jenis ini untuk menolak undangan Tuhan.
Bukankah alangkah baik jika pasangan yang baru dipersatukan dan diberkati Tuhan dalam misa pernikahan kembali datang kepada Tuhan sebelum menjalani biduk rumah tangga ?  Emang orang menikah pada zaman itu tidak boleh keluar ? Kalau sebelum nikah mungkin bisa dimaklumi kalau penganten harus dipinggit. Jadi jika penolakan datang ke undangan makan gratis karena  just married adalah benar-benar alasan yang sungguh sangat lucu.
Terkadang dalam menolak urusan kantor atau pekerjaan, “Kita bisa memberikan alasan klasik agar kita bisa diberi cuti . One reason adalah  “urusan keluarga” dan kebiasaan ini bisa tertular ketika kita dengan berani juga memberi alasan yang sama, ketika Tuhan memanggil atau mengundang kita.
Karena ikatan jiwani yang kuat antara anggoota keluarga, suku atau adat, Tuhan Yesus pernah mengeluarkan sindiran atau statement yang keras dan rada tidak manusiawi atau tidak bersikap hormat dalam batasan kekeluargaan.  Look at this sentences  “Barang siapa yang mengasihi bapa atau ibunya lebih daripada Aku, ia tidak layak bagiKu. Barang siapa yang mengasihji anaknya laki atau perempuan lebih daripada Aku, ia tidak layak bagiKu.  ( Matius 10 : 37 ) satu lagi ayat lebih keras dan merupakan kelanjutan dari perumpamaan dalam Lukas 14  ini. Jikalau seseorang datang kepadaKu dan tidak membenci bapaknya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudara laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi muridKu ( Lukas 14 : 27 )
Statement ini bukan paksaan, tetapi adalah syarat atau ketentuan ideal jika anda mau mengasihi Tuhan, dan menjadi muridNya.
 Arti dari ayat tersebut  :  God must be First in your life.
 
Isteri adalah sosok yang kita cintai. Jika kita mencintai sesuatu dan itu membuat kita menomorduakan Tuhan maka kita akan dengan mudah mencari alasan ketika Tuhan meminta kita mencari Dia.  
Mendapat isteri bisa berarti hidup akan semakin bahagia, dan dalam kebahagiaan itu bisa membuat kita melupakan atau menomorduakan Tuhan.
Kondisi stabil dan bahagia bisa membuat kita tidak lagi serius dengan Tuhan. Ada satu perilaku atau kondisi istimewa pada domba. Domba yang kekenyangan harus hati-hati berjalan karena jika domba terbalik akan sangat sukar kembali ke posisi normal. Nah ini sebenarnya suatu ilustrasi yang sangat baik karena secara rohani kita disebut domba-domba dan Yesus adalah Gembala kita.. Kebahagiaan dan kesuksesan adalah berkat Tuhan namun dengan limpahnya  berkat-berkat itu tidak membuat kita melupakan Tuhan dan mulai beralasan macam-macam ketika dia mengundang kita untuk maju lebih dalam kepada Dia. Dan kita wajib waspada karena  dunia siap memberikan kenikmatan sehingga kita bisa mencintai dunia dengan segala kesenangannya.
Rasul Yohanes memberi warning atau advice Janganlah mengasihi dunia dengan segala yang ada didalamnya …….. dunia ini akan lenyap dengan segala keinginannya  tetapi orang yang melakukan kehendak Allah  akan tetap  hidup selama-lamanya “ ( I Yohanes 2 : 15 – 17 )
Rasul Yakobus juga turut memberi perhatian serius untuk hal ini dan menghimbau Hai kamu orang-orang yang tidak setia tidakkah kamu tahu bahwa  persahabatan dengan dunia, adalah permusuhan dengan Allah Jadi barang siapa  yang bersahabat dengan dunia ini menjadikan dirinya  musuh Allah. ( Yakobus 4 : 4 )
 
Kita hanya diundang makan sebentar oleh si pemilik pesta namun seringkali kita berdalih dengan 1001 macam dalih untuk tidak datang ke pesta gratis itu. Kita sudah diberikan waktu selama 24 jam namun tidak ada kesempatan atau secuil waktu yang bisa kita berikan untuk makan dengan si pemilik hidup kita ini. Kita terlalu sibuk dengan lahan kita dengan hobby kita, businnes kita, kesibukan kita, dengan urusan kita yang mungkin hanya wasting time belaka. Namun untuk datang menjenguk Tuhan yang sudah mempersiapkan hidangan terbaik ala hidangan Raja – raja kita malah menolak, sungguh aneh.  Untuk makan dibutuhkan waktu berapa lama sih ?
Tujuan si pemilik pesta mengundang anda, hanya untuk bisa memuaskan anda, dan membuat hubungan yang lebih intim dengan anda.. Bagi beberapa orang undangan gratis itu adalah hal yang sangat dinanti-nantikan( apalagi anak –anak kost ) namun bagi beberapa orang hal-hal, yang lain lebih membuat dirinya tertarik daripada perkara hidangan pesta sekalipun gratis.
Alkitab mengatakan betapa kecewanya si pemilik ( dalam hal ini Tuhan ) melihat kita menolak undangannya. Betapa pedihnya hati Bapa melihat anak-anaknya mengucapkan sorry – sorry jack terhadap ajakan kasihNya.
Marilah kita menerima undangan tersebut, dengan sukacita. Hargailah ucapan “Marilah karena semuanya sudah tersedia” itu adalah undangan keselamatan karena semua sudah disiapkan oleh Tuhan sendiri.
 
Kekristenan adalah undangan, only invitation. Keselamatan adalah anugrah “only grace” bukan pemaksaan atau penaklukan dan sama sekali tidak ada unsur kekerasan atau pemaksaan. Karena bersifat undangan maka bisa saja ada yang menolak undangan tersebut, atau menganggap sepi undangan tersebut.
 
Kekristenan juga adalah hubungan. Sebelum ditebus oleh Yesus hubungan kita dengan Allah terputus, namun sekarang hubungan kita sudah dipulihkan, karena penebusan Yesus. Kita dibenarkan dan menjadi anak-anak Allah sekaligus keluarga kerajaan Allah.
Nah undangan makan ini adalah ajakan untuk kita lebih dekat lagi dengan Allah. Allah ingin menjadikan kita sahabat sejatiNya dan ingin selalu bersama dengan kita. Jika ada anggota keluargamu mengundang kamu untuk makan dan engkau menolaknya, pasti ada sedikit kekecewaan dalam hatinya bukan ?  Mungkin dia sedang mempraktekkan masakan terbaru dengan inovasi terbaru, atau membuat masakan kesukaanmu ( Babi Rica barangkali  ? atau brenebon ? atau Arsik ? atau Sop Buntut, atau klapper tart ala Manado , dsb ? ) betapa kecewa jika engkau tiba –tiba menolak apalagi dengan alasan yang unreasonable.
 
Tuhan Allah kita adalah Allah yang mau menjadi sahabat kita, dia tak mau kita menjadi orang yang agamawi atau religius. Hanya melakukan kewajiban atau sekedar melakukan ritual sesuai aturan agama, atau bermotifasi upah.
Tidak, lebih daripada itu Dia ingin menjadikan anda sebagai teman yang mengasihi Dia bukan karena paksaan seperti robot tetapi anda mencintai dan mengasihi Dia dengan ketulusan hati sesuai free will yang ada pada mu sebagai ciptaan mulia ini.
Dia menciptakan Adam dan Hawa agar Dia menikmati hubungan dengan ciptaanNya.  Ketika makhluk kesayangannya rusak ( jatuh dalam dosa ) Dia sudah mempunyai rencana cadangan yang amat mulia sebelum dunia diciptakan, dan rencana itu sukses dengan karya penebusan Yesus di atas kayu salib. Yesus memperdamaikan kita dengan Allah. Hubungan kembali pulih dan rencana sejak semula yaitu menjadi sabahat Allah terrealisasi ulang. Luar biasa inilah Amazing Grace anugrah yang amat besar, Allah berdamai dengan kita calon penghuni neraka, dan kita lolos dari hukuman kekal itu ketika kita menerima Tuhan Yesus penebus kita menjadi Tuhan dan Juruselamat kita Glory Haleluya.
 
Marilah karena segala sesuatu sudah siap !  adalah verivikasi kebenaran kata-kata Yesus two thousand  years ago on the Cross

“IT’S FINISH “     atau  TETELESTAI   atau  “SUDAH SELESAI”  Yesus sudah melakukannya untuk anda.
Anda tidak perlu membawa apa-apa lagi, anda cukup membawa diri anda masuk dalam resepsi gratis dari Bapa Surgawi.
Anda sudah diundang, dan terus diundang. Jangan lagi mencari-cari alasan, jika alasan anda tidak tepat dan hanya merupakan alasan yang dicari cari agar anda tidak jadi datang kepada Yesus. Buanglah lirik  lagu keong racun tadi.
Ujilah kata-kata dan hati anda apakah alasan anda setiap kali menolak undangan Yesus itu, murni karena anda memang tidak bisa hadir dikarenakan suatu kondisi istimewa.? Atau itu hanya segumpal alasan karena anda ogah dan malas serta tidak ada kerinduan kepada Yesus.  Apakah anda sudah kehilangan gairah untuk  berjumpa dengan BapaMu yang di Surga yang setiap detik menjaga dan memberkatimu ?
 
Jangan –jangan anda sudah ILFEEL   -----   > ILANG FEELING sama Yesus.
Survey buktikan bahwa orang yang ILFEEL alasannya sangat luar biasa
 
You get one precious lesson today : Don’t give  something unreasonable for God
 
Bukankah ada undangan yang sudah sangat tidak asing dalam setiap kuping orang Kristen “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semuanya ditambahkan kepadamu” ( Matius 6 : 33 ).
 
Setiap ada undangan kebaktian misalnya di kantor mu itu juga adalah undangan langsung dari Tuhan tanpa tanda tangan Tuhan tapi  sadarilah bahwa Tuhan sedang mengirimkan SMS dari Surga lewat saudara-saudara seimanmu
 
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah yang dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati dan melakukannya menjelang hari Tuhan yang semakin dekat ( Ibrani 10 : 25 )
 
Ini salah satu contoh undangan tidak resmi dari Tuhan. Jadi bersemangatlah untuk hal –hal seperti ini.
 
Kalau ada Alkitab gaul yg diterbitkan maka bisa saja ayat diatas berbunyi
 
Janganlah kita mengatakan sory-sorry-sorry jack kepada  undangan ibadah yang dibiasakan oleh bro dan sister kita , tetapi lets go buddy kita saling menasihati dan melakukannya karena pintu teater Surga segera dibuka dan Jesus akan segera datang ( Ibrani 10 : 25 )
 
Bukankah sangat menyenangkan mendengar Sound like this “Marilah karena segala sesuatu sudah siap !  
 
Tunggu apa lagi bro and sister !, kenapa cari alasan lagi ?  ini gratis lho, undangan makan lagi , dan yang lebih hebat lagi YANG MENGAJAKMU DAN MEMBERI UNDANGAN SUPER KHUSUS INI ADALAH TUHAN SEMESTA ALAM
 
Come on friends it is  a party Time , don’t be late. JESUS ALWAYS INVITE YOU
 
Happy Always
 
JBU ALL
 
Regards
Ricky

Tidak ada komentar: