Sabtu, 11 September 2010

Sepatu Baru

Syaloom

Friends, hari ini aku masuk kantor ada implementasi system RTGS, tapi karena released systemnya lama sekaleeeeeee aku bingung gak tau mau apa ? Aku mulai melamun dan sungguh Indah lamunan ini jadi berkat buat aku. aku rindu ingin berbagi berkat nih ! ……yaah dari pada BT melamun gak karuan di kantor sendiri mendingan kita melamun Firman Tuhan ( seperti kata Mazmur 1 : 2 ) dan membagi buat saudara –saudara seiman ocee ! Hitung – hitung kita tidak membuang waktu dengan percuma tetapi menggunakannya karena hari –hari ini adalah jahat ( Efesus 5 : 16 )


Renungan hari Sabtu ( awal bulan Oktober 2005 )

SEPATU BARU

Suatu pagi saat saya menyusuri jalan menuju tempat Bus melewati sebuah lapangan, ada yang berbeda dengan langkah-langkah kakiku saat itu. Biasanya langkah saya agak cepat namun saat itu speednya berkurang dan terkesan bahwa saya berhati –hati terhadap kaki saya, lebih tepat telapak kaki saya, lebih tepat lagi kepada sesuatu yang melekat pada telapak kaki saya yaitu sepatu.

Mungkin anda bisa menebak kenapa sampai saya sedikit berhati-hati dengan ayunan langkah saya tadi. Anda Tepat ! karena saya baru memakai sepatu baru.

Saya mencoba dalam langkah –langkah awal agar berjalan sebaik mungkin sehingga menghindari hal –hal yang bisa menyebabkan sepatu saya kotor, tergores, terbentur dan hal-hal merugikan lainnya. Intensitas kewaspadaan terhadap benda yang melekat di dua ujung tubuh saya yang paling dekat dengan bumi ini, mencapai puncak ketika saya harus melewati lapangan rumput yang rumputnya memiliki postur yang agak tinggi dan lembab karena embun pagi. Mata saya diarahkan untuk mengontrol gerakan kaki saya agar tidak tercemar dengan semua kotoran atau batuan dari lapangan rumput itu. Isteri saya bahkan jauh meninggalkan saya, dan ia pun tahu kalau jalan saya lambat karena mempedulikan sepasang sepatu itu. Sampai sekarang inipun aku masih selalu berhati-hati dengan sepatu baru ini.

Terbersit dalam pikiran saya ! kenapa sejak hari itu saya jadi berhati-hati kalau sedang jalan ? That’s only one answer BECAUSE I WEAR MY NEW SHOES

Sesuatu yang baru, sesuatu yang baru ( say it again and again ) Semua yang baru pasti akan di jaga dan diperlakukan dengan hati- hati statement ini bisa 100 % benar, cobalah anda menilai sendiri dengan semua benda –benda baru yang anda dapatkan atau anda beli. ….. Anda akan memperlakukan / memakai dengan sembarangan atau berhati –hati. ?.... Hmmmh andai aaah, aaah, aaah aku jadi orang kaya .. Dapat Mobil bmw hadiah dari Bank mandiri lantas gila-gilaan masuk kubangan air,…. Beli Avanza lalu masuk ke lapangan bola yang banyak batu –batu tajam dan rumput – rumput kotor…. Dapat Honda Tiger lalu ngebut masuk kedalam kotoran sapi, Motor Honda bebek Supra Fit masuk kedalam selokan yang kotor mumpung lagi banjir pengen coba mengendarai mobil dalam air selokan yang kotor, Can You do that ? Sure ! That’s all you do You Don’t believe it Let’s Go I’ll show you



Sekarang kita pindah ke dunia lain ( I mean Kingdom of God )

Buang semua hal baru tadi dan kita masuk ke Firman Tuhan : II Korintus 5 : 17, Efesus 4 :23 Kolose 3 : 10 – 11 Galatia 6 : 15, I Petrus 1 : 23 ( kalau mau serius silahkan buka Bible kalau cuma mau baca email sekedar numpang lewat mengisi waktu, atau lagi sibuk kerja, tulis ayatnya dan baca dirumah, yang nggak baca juga gak apa )

Semua ayat diatas berbicara mengenai hal yang baru, Bahkan Tuhan Yesus juga berkata kita harus menjadi baru dengan dilahirkan kembali ( Yohanes 3 : 3 – 5 ). Akhir zaman adalah langit dan bumi ini akan lenyap dan diganti langit dan bumi yang baru, so … artinya semua dalam alam semesta ini adalah benda yang lama yang akan diganti dengan yang baru. ( II Petrus 3 : 13, Wahyu 21 : 1 ) Lihat ayat ini : Ia yang ada diatas tahta itu berkata : LIHAT AKU MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU DAN FIRMANNYA TULISKANLAH KARENA SEGALA PERKATAAN INI ADALAH TEPAT DAN BENAR ( Wahyu 21 : 5 )

Semua yang lama yang rusak oleh karena dosa akan menjadi baru pada akhirnya. SETUJU ? AMIN !!!

Puji Tuhan !!! kita menjadi ciptaan baru bukan karena kita membeli tetapi karena kita dibeli oleh penebusan yang dilakukan oleh Tuhan kita Yesus Kristus.

Jadi semua yang ada didalam Kristus adalah ciptaan baru yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru telah datang ( II Korintus 5 : 17 )

Kita adalah baru, seperti sepatu baru tadi, kita telah ditebus oleh darah Yesus yang tertumpah 2000 tahun lalu di Kalvari ( I Korintus 6 : 20 )

So…. Sebagai sepatu baru kita harus bagaimana ? ya seperti kejadian saya dengan sepatu di atas !!! Kita harus menjaga keselamatan yang telah kita terima dengan gratis ini dengan penuh perhatian, dengan takut dan gentar kepada Tuhan, ( Filipi 2: 12 ) dan semakin hari harus semakin kudus ( I Petrus 1 : 16 ) menuju kepada tingkat kekudusan yang bisa semaksimal mungkin dicapai oleh kita masing –masing. Jangan kita bertindak seperti yang kita lakukan untuk BMW Avanza, dan dua motor Honda tadi.

Jangan kita membawa diri kita ke kubangan yang kotor lagi apalagi kita belum bersih sempurna malah sebaliknya kita harus selalu di bersihkan dari waktu –ke waktu melalui berbagai proses dan pengalaman.. seperti tanah liat ditangan penjunan demikianlah kita ini. ( Yeremia 18 : 1-6 )

Hari ini saya mendapat suatu pengajaran dalam hati nurani saya, ( Mazmur 16 : 7 ) Semua benda didunia yang namanya benda baru secara fisik pasti bersih dan terbaik, Hal ini berbeda dengan manusia yang baru dalam Tuhan. Sekalipun kita sudah dibenarkan tetapi kita belum sempurna atau bersih. Kita bahkan masih banyak memiliki kotoran-kotoran dalam diri kita. Bukan karena perbuatan baik kita dibenarkan tetapi kita dibenarkan untuk berbuat baik( Efesus 2 : 8 ),…. berbuat baik membuang yang lama, yang kotor yang tidak disukai Tuhan sehingga kita yang dulunya adalah sepatu kotor ( bandingan dengan kain lara kotor Yesaya 64 : 6 , Roma 3 : 23 ) menjadi semakin bersih dan cemerlang dalam pandangan Tuhan. Kalau dunia yang namanya baru pasti bersih pada mulanya dan kemudian menyusut sampai akhirnya menjadi bentuk yang tidak sempurna lagi, seperti, rusak,layu, basi, peot, robek, tua, sakit, Pada awalnya dunia nampak sempurna/ bersih/ ciamik/ anggun dsb tetapi akhirnya akan tidak seperti awal lagi melainkan rusak binasa. Beda dengan calon penghuni kerajaan Sorga sekalipun kita saat ini belum bersih/ sempurna tetapi kita sedang di bentuk ke suatu kesempurnaan ( From Glory to Glory ). Jalan orang benar semakin lama semaki cemerlang dimata Tuhan ( Amsal 4 : 18 ). Lihat kata –kata Paulus dalam II Korintus 4 : 16 Dan kami tidak tawar hati lagi sekalipun tubuh lahiriah kami merosot tetapi tubuh bathiniah kami diperbaharui dari hari ke hari.

Dunia pada akhirnya akan merosot dan akan berakhir saat inipun bumi mulai mengalami apa yang di sebut entropi atau kehilangan –kehilangan partikel-pertikel alamiahnya maka tak heran banyak sekali bencana alam pada zaman akhir ini.

Makanya ada satu kalimat perintah Tuhan Yesus yang bersifat motivasi kepada kita dalam Matius 5 : 48 Be Perfect as Your Father in heaven is perfect

Kita akan benar –benar baru ( Mulia ) pada saat kebangkitan tubuh kita nanti disitulah kita mendapat Tubuh kemuliaan ( Baca dan nikmati I Korintus 15 : 35 – 54 )

Rasul Paulus juga berkata : Sebab pengetahuan kita tidak sempurna, tetapi jika yang sempurna tiba maka yang tidak sempurna ini akan lenyap ( I Korintus 13 : 9 – 10 )

Saat ini kita sedang dalam pengudusan, saat ini adalah saat terakhir dimana lalang dan gandum akan di seleksi, saat ini zaman dimana kita dikasih kebebasan untuk memilih menjadi lima dara bijaksana dan lima dara bodoh, zaman ini mempelai Tuhan sudah siap menunggu mempelai lelakinya.

Marilah kita mulai dan terus menjaga sepatu kita bersih. Sepatu identik dengan jalan karena itu jaga jalan hidup kita agar tidak tersesat dan meyimpang dari FirmanNya

Bacalah II Korintus 3 :18 renungkanlah ayat ini : sepatu kita yang kotor semakin hari akan semakin bersih bila kita menjaganya dengan baik, kita semua sedang menuju dari kemuliaan ke kemuliaan yang lebih besar

Kita adalah ciptaan baru dalam Kristus artinya kita adalah milik Tuhan Yesus sendiri, seperti sepatu tadi kita dipakai oleh Tuhan Yesus ( think about that ) Tuhan ingin memakai kita, Dia ingin kita berjalan sesuai dengan keinginan Dia. Dan pasti jalan Tuhan adalah kasih dan kebenaran…. Jadi jangan lagi kita berjalan seenak kita meyimpang dari perintahya. Dia mau kita berbuah kita melayani Dia, hidup menjauhi perzinahan, berhenti dusta,membenci semua dosa, Dia ingin mengatur kita yang adalah milikNya. ( Galatia 2 : 19 -20 )

Masak sih sepatu bisa lepas dari kaki pemakainya dan lari jalan –jalan sendiri ? ( seperti kartun Walt Disney aja !) Tetapi survey membuktikan banyak sepatu yang lepas dari kaki tuannya dan jalan –jalan sendiri kesana kemari. Asumsikan ada 3 milyard orang Kristen didunia ini dan setengahnya masih kompromi dengan dosa ….. nikmati panorama itu banyak sekali sepatu-sepatu yang lari berkeliaran di bola bumi ini seperti semut-semut hitam. Sementara Tuhan Yesus menatap penuh haru ! Tuhan Yesus adalah gembala yang baik sehingga ia selalu memperhatikan domba-dombanya yang berkeliaran keluar dari barisan yang sudah diaturNya. Ia melihat banyak sekali sepatu –sepatu yang jalan tanpa remote control (Fyi : saya namakan Merk Remote Control itu H S Holi Spirit, bisa juga merk SHARP = TAJAM equivalent dengan Firman Allah laksana pedang bermata dua Ibrani 4 : 12 ) ). Ia sabar dan menunggu domba-dombaNya kembali ke barisan, bila domba ada yang bandel maka Ia akan turun langsung dan menariknya kembali ke dalam kawanan domba, bila domba masih keras kepala juga maka kaki domba itu akan dipatahkanNya selanjutnya domba itu akn bertobat dan selalu bergabung dengan teman-temannya yang lain. BERBAHAGIALAH KITA YANG MASIH DITEGUR OLEH BAPA DI SURGA KARENA ITU ARTINYA BAPA MASIH MENGASIHI KITA, ( Ibrani 12 : 5. Wahyu 3 : 19 )



Jadi apa yang saya katakan tadi diatas Can You do that ? Terkadang kita berbuat seperti contoh diatas kita membawa mobil baru kita atau manusia baru kita ke hal –hal yang selalu merugikan kita dan membuat hati Tuhan berduka.

Pemimpin Gereja pertama Rasul Petrus menghardik jemat mula-mula yang kembali ke jalan-jalan berdosa dan terlibat berbagai-bagai kecemaran dengan memakai gaya bahasa sarkasme yang dikutip dari amsal 26 : 11 ANJING KEMBALI LAGI KEMUNTAHNYA DAN BABI KEMBALI KE KUBANGANNYA ( baca dan renungkan II Petrus 2 : 20 – 22 ). Suatu khotbah yang sangat keras Men ! Jangan engkau termasuk golongan dua hewan diatas…. ( Kalau kedua makhluk itu di atas piring sudah lain cerita, terutama untuk orang Manado, Batak dan Ambon hehehe )

Jangan mau kembali kejalan –jalan penuh kotoran dan dosa saudara : jalan hidupmu yang lama, yang sia –sia, tinggalkan ! Tinggalkan manisnya dosa, Tinggalkan kenimkatan dunia yang sesaat, Tinggalkan perzinahan, pelacuran, percabulan,samen leven, SLI, bobok bobok siang Sex after lunch apapun istilahnya, pornografi, korupsi kecil-kecilan, dusta kecil-kecilan, percideraan, kegeraman, iri hati, dendam, cemburu, pesta pora, mabuk-mabukan, judi, narkoba, penyembahan berhala, mustika, opo-opo, mantera. Tenaga kesaktian, okultisme Tinggalkan semua itu saudara.

Ketika kita mengaku dosa dan menerima pengampunan maka kita sedang dibersihkan Tuhan,( Golden text I John 1 : 9 ) INGA – INGA Pertobatan dan lahir baru sekali seumur hidup tetapi proses pengudusan dan penyucian berlangsung selama kita masih bernafas.
Ilustrasi sederhana :

Ada dua orang yang membawa bungkusan kain berisi baju –baju kotor ke arah sungai . Mereka ditugaskan untuk mencuci semua baju dalam bungkusan kain mereka. Orang pertama karena ingin cepat selesai ia hanya mencelupkan bungkusan kain yang berisi baju-baju itu kedalam air sungai, dan mulai mencuci kain tersebut, alhasil kain pembungkus itu menjadi bersih dan dengan cepat ia sudah selesai. Orang kedua karena dia ingin semua baju didalam bungkusan kain itu bersih maka dia mengeluarkan satu persatu baju dalam bungkusan kain itu dan mencucinya satu demi satu termasuk kain pembungkusnya. Akhirnya selang waktu tertentu semua isi bungkusan kain itu sudah di cuci bersih. Setelah selesai kedua orang ini pulang kerumah, sekilas orang yang berpapasan akan melihat bahwa mereka berdua baru saja mencuci kain pembungkus mereka namun bila kedua isi bungkusan itu dikeluarkan maka bisa jelas perbedaan antara keduanya.

Demikianlah arti keselamatan itu, seperti kata penginjil ternama BILLI GRAHAM Keselamatan itu gratis tapi tidak murahan. Jangan kita menjadi orang pertama yang hanya percaya bahwa sekali celup ( mungkin bisa gambarkan disini baptisan ) maka sudah beres, pasti udah aman, jargon sekali selamat pasti selamat, lantas kita tidak membersihkan bagian-bagian yang kotor dalam diri kita. Bila itu yang kita lakukan maka kekristenan kita akan seperti orang yang mencuci bungkusan pertama tadi. Ingat Tuhan Yesus sangat marah kepada orang Farisi dan mengecam mereka “ Celakalah kamu yang hanya mencuci sebelah luar cawan dan pinggan tetapi dalamnya penuh rampasan. ( Matius 23 : 25 – 26 ) Tuhan Yesus berkata kita Jangan hanya mencuci yang luar saja tetapi harus membersihkan semua terutama hati kita. Dan memang hati adalah sumber kehidupan ( Amsal 4 : 23 ).

Kita semua sudah ditebus dan telah mengenakan Kristus yang kudus, namun diri kita masih memiliki sifat dosa dalam manusia kita yang lama yang seringkali kembali menguasai kita dalam kebodohan kita, karena itu waspada dan siapkanlah dirimu untuk dibersihkan oleh Dia sang pemilik hidupmu ( ayat paling pas I Petrus 1 : 13 - 14 )

Kita adalah sepatu baru yang dipakai oleh Tuhan Yesus : relakan dirimu, jalanmu, rencanamu, serahkan hidupmu masa depanmu, pengharapanmu cita-citamu semua kepada Tuhan Jangan biarkan kehendakmu yang berlaku dalam hidupmu tetapi biarkan Tuhan Yesus menguasai hidupmu dan mengarahkanmu sesuai dengan rencanaNya. Biarkan Tuhan Yesus yang bekerja engkau diam saja karena disanalah kekuatanmu ( Baca dan nikmati kelezatan ayat Firman Tuhan Yesaya 30 : 15 ) Karena engkau adalah milik yang dipakai olehNya maka ia akan menjaga seluruh jalan hidupmu… Dia akan menghindarkan engkau dari batu yang akan membuatmu tersandung, dari semak belukar dari duri yang menggores, dari serangga atau binatang –binatang kecil yang mencoba menggangumu, ia akan mengarahkan jalanmu sehingga engkau menghindari semua kotoran dan sampah yang menghalangi jalanmu. Matanya selalu awas mengamati setiap langkahmu ( Nikmati ayat Mazmur 33 : 18 )

KENAKAN JUBAH BARU, CINCIN PERMATA BARU, DAN KASUT YANG BARU YANG TELAH DIBERIKAN BAPA KEPADAMU ( Nikmati kelezatan Kisah anak hilang dalam Lukas 15 : menggambarkan semua itu )

SO THEREFORE IF ANYONE IN CHRIST IS A NEW CREATURE THE OLD HAS PASSAWAY AND EVERTHING BECOMES NEW ( II Corrinthians 5 : 17 KJV )

Selamat memasuki bulan baru dengan situasi yang baru dan yakin bahwa berkat Tuhan juga selalu baru setiap pagi ( AMSAL 3 : 22 – 23 )

Damai Sejahtera yang melampaui segala akal dari Tuhan kita Yesus Kristus senantiasa atas kita anak-anakNya

Ricky, S

Tidak ada komentar: