Sabtu, 18 September 2010

Dosa dan Anugrah


PENCIPTAAN
Pada mulanya Allah menciptakan dunia ini dan semua yang ada didalamnya, namun  puncak dari semua ciptaannya adalah manusia Semua yang ada di alam semesta ini dijadikan Tuhan dengan Firmannya tetapi manusia diciptakan dengan tanganNya sendiri. Manusia adalah makhluk yang sangat unik dan sangat berharga di mata Tuhan, karena manusia diciptakan hampir menyerupai Allah.
Manusia diciptakan melalui suatu rencana mulia. Allah menjadikan manusia segambar dengan diriNya sendiri, itulah sebabnya manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Manusia memiliki ratio dan roh yang membedakan manusia dengan hewan. Dengan roh memungkinkan manusia berhubungan dengan Allah.
Manusia memiliki tubuh jiwa dan roh
·        Dengan tubuh kita menyadari hubungan kita dengan alam
·        Dengan jiwa kita menyadari akan diri kita sendiri dan bersosialisasi dengan manusia lainnya
·        Dengan roh kita menyadari akan Allah.
Manusia diperintahkan Tuhan untuk berkuasa atas bumi ini,membuktikan bahwa manusia sangat berharga.
Sekalipun manusia itu adalah ciptaan yang mulia tetapi belum sempurna seperti Allah. Dan ada suatu hal yang luar biasa yang diberikan Allah kepada manusia yaitu  “ kehendak bebas”
Manusia tidak diciptakan seperti robot yang bisa di perintahkan Allah semaunya. Manusia diberikan kebebasan untuk memilih yang baik dan yang jahat.

APA ITU DOSA ?
Kita sudah tahu bahwa manusia diberikan kehendak bebas dari Allah.  Dan pada kenyataannya manusia memilih untuk tidak mentaati Allah.  Manusia memilih jalan yang salah, manusia memilih untuk menyenangkan diri sendiri daripada menyenangkan Allah.
Adam dan Hawa yang hanya diberikan suatu larangan dari Allah namun karena keinginan untuk menyenangkan diri sendiri ( ingin menjadi sama dengan Allah karena diperdaya si jahat lewat ular ) maka manusia manusia menjadi berdosa.
Dosa adalah pelanggaran akan hukum Allah. Ketika Adam berdosa maka saat itu dosa masuk kedalam dunia. Dosa bersifat menjalar dan akhirnya semua keturunan Adam berdosa. Semua pelanggaran dan kesalahan yang kita buat  adalah akibat dosa
Dosa adalah seperti awan tebal yang menutupi matahari. Allah adalah sempurna dan suci membenci dosa. Dosa menghalangi jalan kepada Dia, dosa memisahkan kita dengan Allah yang kudus.  Itu sebabnya Allah seakan –akan jauh sekali.
Upah dosa adalah maut..... itu sudah harga mati dan tak dapat ditawar –tawar lagi, Allah yang kudus tak bisa mentolerir dengan ketidakudusan dan dosa.
Dosa yang telah masuk ini menyebabkan maut menjalar ke tengah dunia. Karena Adam dan Hawa berbuat dosa maka saat itu mereka mati secara rohani. Dan akhirnya mereka akan mati.
Alkitab berkata sebab upah dosa adalah maut ( Roma 6 : 23 )

Apakah semua  manusia berdosa ?
Karena manusia pertama berdosa maka semua keturunan menjadi berdosa !  anda tidak percaya kalau semua manusia telah berdosa ? tanyalah diri anda sendiri apakah anda berdosa atau tidak ? …… diamkanlah pikiran anda sejenak dan coba –coba ingat lagi apakah anda tak pernah berbuat dosa ?
Anda mungkin mengira bahwa anda tidaklah sebegitu buruk dari orang lain atau anda merasa anda lebih baik dan saleh dibandingkan orang lain, namun itu bukan ukurannya.Tidak ada seorangun yang bisa mencapai standar kekudusan yang ditetapkan Allah. Alkitab berkata tidak ada seorangpun yang benar ( Roma 3 : 10 , 23 )
Untuk membuat manusia menyadari akan kekurangannya  dan agar manusia jangan melakukan perbuatan –perbuatan dosa maka Allah memberikan hukum dan peraturannya. Ini yang kita kenal dengan taurat.
Manusia diharapkan Allah bisa melaksanakan taurat dengan sempurna agar tidak berdosa. ......namun pertanyaan “adakah manusia di planit ini yang sanggup melaksanakan atau mematuhi  semua hukum taurat dengan sempurna. Kalau ada siapakah dia ?
Sebagai contoh, angka supaya lulus dalam ujian adalah 80, jika anda mencapai angka  79 maka anda tidak lulus, jika seorang lain mendapat angka 45 maka juga tidak lulus.
Jadi tak ada gunanya anda mengatakan anda lebih baik dari si A atau amalku lebih baik dari si B, atau hidupku lebih saleh dari si C, atau ibadahku lebih lumayan dari si D, atau sedekahku lebih banyak dari si E. Jika anda tak mencapai angka yang ditetapkan Allah maka anda tetap berdosa, dan untuk membuat anda lebih patah semangat lagi adalah angka itu bukan 80 tetapi 100 artinya perfecto alias sempurna.
Jika keselamatan atau masuk surga berdasarkan amal dan kebaikan maka yang masuk Surga kebanyakan adalah orang kaya, kasian deh kita yang tidak kaya.

MASALAH DOSA ADALAH MASALAH SERIUS …… dapatkah kita menyelesaikannya sendiri   TAK MUNGKIN ! hanya kasih dan pengampunan lewat penebusan Allah. Allah tak akan berkompromi dengan dosa karena hakekat kekudusanNya. Upah dosa adalah maut ( Roma 6 :23 ) karena dosa maka ada maut ( Roma 5 : 14 )  Semua orang berdosa akan mengalami maut. ( Ibrani 9 : 27 )
Kita diselamatkan hanya oleh Anugrah Allah itu bukan perbuatan baik dan amal kita ( Efesus 2 : 8 ) semua amal kita sia-sia bila dosa kita tak diampuni.
Kita dibenarkan untuk berbuat baik bukan berbuat baik baru dibenarkan.

Sejak zaman dulu Allah sudah memberikan cara untuk menebus dosa yaitu kurban hewan –hewan untuk penghapusan dosa.Ini terdapat dalam kitab Taurat yang diajarkan kepada Musa dan nenek moyang bangsa Israel. Bahkan sebenarnya sejak awal Allah sudah menetapkan standar penebusan ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa pertama kali yaitu Allah memberikan mereka cawat dari kulit binatang yang mana binatang tsb pasti dibunuh terlebih dulu ( jadi ada kurban dan penumpahan darah )
Abraham/ Ibrahim juga melakukannya … tetapi itu semua hanya symbol dari penebusan yang sesungguhnya yaitu yang akan dilakukan oleh seorang juruselamat yang akan menebus dosa manusia dan dunia ini.
Dan ismail atau isak menurut versi berbeda Islam dan Kristen tak jadi dikurbankan tetapi seekor domba.  Karena memang darah domba jantan tak bisa menebus dosa manusia ( Baca Ibrani 10 : 4 ) Yang akan menumpahkan darahNya adalah seorang yang tak berdosa dan tak bercacat cela yang darahnya bukan dari keturunan Adam yang berdosa.
Dan kurban sempurna itu hanya ada didalam diri Yesus Kristus karena ia lahir bukan dari benih Adam yang berdosa tetapi dari Rohul Kudus, , … darah Yesus lain dengan darah manusia biasa, ini sudah jelas karena kelahiran Tuhan Yesus berbeda dengan kita, ia dilahirkan melalui seorang perawan ( Maria ) dan tanpa hubungan daging dengan lelaki karena Maria  mengandung dari Rohul Kudus. Darahnya tidak mengandung dosa.  Alkitab mencatat selama hidupNya ia tak berbuat dosa… karena itu kurban tubuh dan  darah Yesus adalah kurban yang sempurna bagi Allah.  Karena pengorbanan Yesus maka kita semua yang percaya kepadaNya dibenarkan dan diselamatkan, bahkan memperoleh jaminan hidup kekal.
Kita yang berdosa dibenarkan oleh karena Yesus ( II Korintus 5 : 21 )
Darah Yesus harus tercurah untuk membasuh dosa dunia ini seperti darah kambing / domba pada zaman Ibrahim atau kulit binatang yang pertama kali dibunuh difaman Eden.
Adam pertama telah gagal mencapai stándar kesempurnaan Allah tetapi Adam yang kedua ( Yesus Kristus ) berhasil mencapai stándar tersebut dan sekaligus menebus semua kesalahan yang terjadi.

Didalam hidup ini ada 4 hal Utama
1.      Allah begitu mengasihi manusia
2.    Manusia tak mampu menyelamatkan dirinya dari dosa
3.    Tuhan Yesus telah mati untuk dosa –dosa kita semua
4.  Siapa yang percaya Yesus dibenarkan dan diselamatkan hidup kekal selama –lamanya

·        Fakta terbesar adalah Tuhan Yesus telah datang kedlaam dunia untuk menyelamtakan manusia berdosa
·        Syarat terbesar adalah siapa percata Yesus dibenarkan dari dosa
·        Akibat terbesar adalah hidup kekal selamanya tanpa ada penghukuman

INILAH INTI SARI INJIL ( EVANGELIZO bahasa Ibrani )  Injil artinya kabar baik   Jadi kitab injil ádalah kabar baik dari Allah untuk manusia agar manusia diselamatkan dari hukuman kekal

Dan rencana Allah digenapi dalam karya penebusan Tuhan Yesus diatas kayu salib dan itu sudah dinubuatkan sejak zaman Purba. Lama sebelum Yesus lahir / datang kedunia.
Semua nubuat / ramalan Nabi – nabi  mengunjuk kepada seorang juruselamat yang akan datang menyelamatkan manusia …. Nubuat –nubuat itu begitu sempurna dan bukan diberitakan oleh satu orang Nabi saja tetapi beberapa Nabi dan itu semua terbukti  bahkan nubuat tentang mesias / juruselamat harus mati di kayu salib dan bangkit pada hari ketiga itu pun sudah di nubuatkan / diramal sejak ratusan tahun lalu sebelum Tuhan Yesus lahir.
·        Nubuatnya mengenai Yesus lahir di Kota Betlehem terbukti itu sudah dinubuatkan Nabi Mikha 500 tahun sebelum Yesus lahir
·        Nubuat mengenai seorang perawan akan me;lahirkan seorang bayi terbukti sudah diramalkan nabi Yesaya 700 sebelum Yesus lahir
·        Nubuat mengenai kematianNya sudah dinubuatkan nabi Daniel dan terbukti
·        Nubuat mengenai dia akan dibesarkan di Nazareth terbukti
·        Nubuat mengenai dia akan dipaku di salib terbukti
·        Nubuat mengenai dia bangkit pada hari ketiga terbukti
·        Masih ada lagi puluhan nubuat mengenai Yesus dan semua nubuat Terbukti

DAN AJAIB SEMUA NUBUAT NABI –NABI PERJANJIAN LAMA RATUSAN TAHUN SEBELUM SANG JURU SELAMAT LAHIR TAK ADA SATUPUN YANG TIDAK TERBUKTI TETAPI SEMUANYA DIGENAPI PAS SEKALI.... HAL INI MENUNJUKKAN ALKITAB BENAR FIRMAN TUHAN

Masih banyak nubuat lagi mengenai akhir zaman kebanyakan dari perkataan Tuhan Yesus sendiri,dan beberapa sduah digenapi dan yang sisanya akan digenapi sebelum Tuhan Yesus datang kembali dari Surga untuk kedua kalinya
Dan pada akhirnya nubuat dalam Alkitab akan kembali terbukti karena memang Alkitab adalah Firman Tuhan
Beberapa nubuat akhir zaman yang sudah terbukti adalah : Gempa bumi semakin banyak, kelaparan, perang, kejahatan semakin besar,  Nabi –nabi palsu dan mesias palsu,  ( Matius Pasal 24 ), Israel membentuk negaranya,

Yang belum tergenapi adalah  :
·        Tuhan Yesus datang menjemput orang –orang pilihan / umatnya
·        Anti Kristus yang muncul menguasai dunia ( sudah ada tanda-tanda )
·        Penghakiman terakhir

Mengapa Tuhan harus datang kedunia ?

Banyak orang sangsi bahwa Yesus adalah Allah sendiri yang ber inkarnasi dalam diri manusia untuk datang menyelamatkan umat manusia dari dosa.
Sebagai manusia yang mempunyai pikiran terbatas kita tak akan bisa memahami dan menerima bahwa Tuhan mau turun menjelma jadi manusia, anggapan kita Allah pasti tidak akan mau. Itu pikiran kita dan bukan pikiran Allah. Sekarang ijinkan saya melontarkan suatu pertanyaan sederhana dan menggelikan tetapi anda harus menjawabnya dengan sejujur-jujurnya tanpa paksaan tetapi musti keluar dari hati nuranimu yang paling dalam.
“Bisakah Allah berubah menjadi burung ? jawabnya bisa dong ? jika Allah jadi monyet ? bisa dong ? Kalau begitu bisa nggak dia jadi manusia ?  jawab sendiri

Analogi yang paling mudah adalah dengan dua buah ilustrasi berikut :
Sekumpulan semut sedang asyik –asyik berjalan hilir mudik dan tak mengetahu bahwa tanah dimana merupakan sarang mereka akan segera dibakar oleh pemilik kebun itu. Anak pemilik kebun itu ingin menyelamatkan mereka dan berusaha agar mereka ( semut –semut itu ) segera keluar dari tempat / sarang mereka yang merupakan tempat yang nyaman bagi mereka. Ia berteriak agar semut –semut itu segera pindah namun semut –semut itu tak mengerti maksudnya.  Bagaimana agar semut –semut itu mengerti maksudanya dan akan mengikuti dia agar segera keluar dari tempat yang sebentar lagi akan binasa ?
Ilustrasi kedua  : Dikandang Babi sekumpulan babi –babi senang sekali bergelimang dalam lumpur, sudah beberapa kali di mandikan dan dipakai sabun bahkan parfum oleh pemiliknya tetap saja mereka kembali dalam  Lumpur. Pemiliknya ingin sekali mereka tidak kotor alias berenang dalam kotoran itu, ia berteriak dengan keras agar mereka jangan main kedalam kotoran  namun sekalipun sudah berteriak –teriak babi-baBi gemuk itu tetap saja kembali ke kubangan lumpur.  Bagaimana agar babi – bai itu tak lagi mendatangi kubangan kotor tersebut ?

Kedua ilustrasi di atas akan terjawab dengan sama :  Untuk membuat mereka mengerti maka  mereka harus menjadi sama dengan semut dan babi. Untuk membawa semut –semut keluar dari sarang mereka maka dia harus menjadi semut sehingga dengan bahasa semut dia bisa membawa mereka ke tempat yang aman agar mereka terluput dari kematian. Untuk membuat babi –babi itu tidak lagi tinggal dalam kenajisan mereka maka si pemilik harus menjadi babi sehingga dengan bahasa babi, babi –babi itu akan mengerti dan mau mengikutinya.

Manusia semua telah berdosa dan tersesat, pada akhirnya jika tak ada seorang juruselamat maka manusia akan tetap berjalan dalam Lumpur dosa dan pada akhirnya menuju ke jalan kebinasaan.  Semua ajaran agama dan akhlak serta etika hanya mengajarkan manusia untuk berbuat baik tapi tak ada yang menjamin bahwa dengan semua itu manusia akan selamat. Agama dibuat untuk mencari Allah, tetapi tak pernah bisa menjangkau Allah. Semua nya masih mengandung tanda tanya, masih mudah –mudahan, masih semoga … belum tentu selamat. Memang semua ajaran itu baik tapi percuma saja jika pada akhirnya belum pasti. Alkitab berkata “Ada jalan yang disangka lurus tapi ujungnya membawa maut ( Amsal 14 :12 ).
Untuk menunjukkan kasihnya Allah terpaksa harus action sendiri untuk menuntaskan maslah dosa ini. Karena hakekat Allah adala KUDUS maka tak mungkin dia datang dalam hakekatNya itu, jadi ia harus menjadi manusia

Tugas Yesus datang ke dunia ini adalah untuk membawa kita ke jalan yang sebenarnya, jalan yang mana telah gagal dilalui oleh Adam. Yesus membawa kita ke jalan yang benar. Kalau tadi sebelum dibenarkan kita semua menuju kejalan kebinasaan namun setelah kita menerima Dia dan dibenarkan maka kita akan mengikut Dia ke jalan yang benar yang akn membawa kita kepada kehidupan yang kekal. Bukti bahwa ia adalah penebus dan juruselamat kita adalah  :  KEBANGKITANNYA …. Semua tokoh agama telah mati dan ada kuburnya tetapi Kubur Yesus kosong karena ia telah bangkit, maut tak bisa mencegahnya IA MENANG ATAS MAUT DAN MAUT TELAH DIKALAHKAN, kunci kerajaan maut ada ditanganNya. Yesus berkata karena Aku hidup maka kamupun akan hidup ( Yohanes 14 : 19 )  Akulah kebangkitan dan hidup barang siapa percaya kepadaKu ia kan hidup walaupun ia sudah mati ( Yohanes 11 : 25 ). Maut yang selama ini adalah musuh umat manusia karena merupakan upah dosa yang adalah suatu hukuman kekal sekarang telah diatasi dengan karya penebusan Tuhan Yesus. Semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus telah dibenarkan dari dosa dan sudah dipindahkan dari maut ( kegelapan ) kedalam kerajaan Sorga kekal.
Yesus bukan saja menyelamatkan kita dari hukuman neraka kekal tetapijuga  membawa kita ke jalan yang benar dengan mengajar kita tentang segala sesuatu yang benar seperti kasih yang sesungguhnya  Jika kita cermati ajaran Yesus maka yang bisa disimpulkan adalah ajaran yang berasaskan Kasih.  Yesus mengajarkan “ Ampunilah musuhmu dan berdoalah untuknya”….. Barang siapa menampar pipi kirimu berikan juga pipi kananmu,  Inilah kasih. Tuhan Yesus bukan hanya mengajarkan kasih tetapi juga menunjukkan prakteknya, ketika dia ditangkap oleh orang Yahudi padahal dia tak bersalah dia tak melawan, dia ditampar , diludahi, dicambuk, dimahkotai duri, dipukul ia tak ada melawan bahkan dengan kata-kata .  Itu sudah dinubuatkan Nabi Yesaya 700 tahun sebelum kejadian, Daud 1000 tahun sebelum Yesus lahir telah berkata jubahnya akan dipotong dan diundi para pengawal, Daud berkata juga bahwa ia akan haus datas kayu salib,  Daniel 600 tahun sebelum Yesus berkata bahwa dia akan dibunuh pada hari sebelum sabat  ( luar biasa kok bisa tepat sekali.) Bahkan diatas kayu salib ia masih bisa berkata “ Ya bapa ampunilah mereka ini karena mereka tak tahu apa yang mereka perbuat.”  Itu adalah kasih

Bagaimana selamat !    Hanya percaya kepada Yesus.   Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati maka kamu akan diselamatkan.( Roma 10 : 9 )

Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup kekal kepada kita, dan hidup itu ada didalam anakNya, barang siapa memiliki anak ia memiliki hidup, barang siapa tidak memiliki anak tidak memiliki hidup ( I Yohanes 5 : 11 – 12 )

Hanya Yesus yang berkata “AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP TIDAK SEORANGPUN SAMPAI KEPADA BAPA JIKALAU TIDAK MELALUI AKU ( Yohanes 14 : 6 )

Allah maha pengasih tetapi bagaimana kita bisa tahu dan merasakan Allah itu maha pengasih ?
Inilah kasih itu, bukan kita yang mengasihi Allah, teapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus AnaknNya sebagai pendamaian bagi dosa – dosa kita  ( I Yohanes 4 ; 10 )

KITA SEMUA DISELAMATKAN BUKAN KARENA AMAL DAN PERBUATAN BAIK KITA TETAPI OLEH KARENA ANUGRAH ALLAH DAN OLEH IMAN KITA KEPADA PEMBENARAN DAN PENEBUSAN YANG SUDAH DILAKUKAN OLEH TUHAN YESUS.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anakNya yang tunggal supaya barang siapa percaya kepadaNya tidak binasa tetapi beroleh hidup yang kekal ( Yohanes 3 :16 )

Dan keselamatan tidak ada didalam siapapun juga selain didalam Dia, sebab dibawah kolong langit ini tidak nama lain yang diberikan kepada manusia yang kepadanya kita diselamatkan  ( Kisah Rasul 4 : 12 )

Tidak ada komentar: