Sabtu, 11 September 2010

In His Image

Senin 23 Agustus 2010
Dear friends,
Sambil santap siang saya mencoba menuliskan ringkasan retreat kemarin
Semoga teman – teman yang tidak ikut retreat bisa juga merasakan berkat yang telah teman-teman lain rasakan
 
Happy always JBU
 
In His Image
 
Penciptaan manusia
 
Manusia berbeda dengan ciptaan lain karena manusia dibuat segambar dengan Allah dan di isi (ditiup) oleh Roh Allah sendiri ( Nefes ) serta  diberi suatu status atau tempat istimewa dimata Allah. Manusia dibuat dari debu tanah dengan format yang sungguh ajaib, yaitu segambar atau se pola dengan sang pencipta sendiri. Segambar dengan Allah IMAGO DEI atau Image of God  artinya mengekspresikan Allah.
 
Manusia berbeda dengan hewan
 
Hewan berbeda dengan manusia karena hewan tidak memiliki jiwa dan roh.
Manusia memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki hewan.
Manusia memiliki ratio, perasaan, dan kemauan.
Hewan tidak memiliki ketiga itu, hanya bertindak berdasarkan insting semata.
 
Dan yang paling yang membuat manusia berbeda dengan binatang adalah manusia memiliki “nafas hidup” itu. Kata Ibraninya adalah “neshamah.” Di sini kata itu diterjemahkan “nafas hidup.” “Neshamah” itu menjadi roh manusia, yang dalam fungsinya terpisah dari jiwa (pikiran) dan tubuh. “Nafas hidup” itu memberikan manusia dua hal yang tidak dimiliki oleh binatang –
1 kemampuan untuk mengenal Tuhan dan
2 kemampuan untuk mengenal mana yang benar dan mana yang salah.
Atau, dapat mengatakan, bahwa “nafas hidup” yang ada di dalam dia memberikan roh manusianya setelah pikirannya (dikenal sebagai jiwa) diaktifkan. Dengan pikiran ini kita dapat berpikir dan mengambil keputusan. Namun binatang tidak memiliki pikiran itu. Roh manusia yang datang dari “nafas hidup,” yang membuat manusia berbeda. “Neshamah,” atau “nafas hidup,” menjadi roh manusia, dan itu membuat manusia menjadi satu-satunya mahkluk yang memiliki kemampuan mengenal Tuhan secara pribadi, dan memiliki kemampuan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah..
 
Manusia memiliki hati nurani
 
Kemampuan membedakan benar salah ini ada dalam diri setiap pribadi dan seolah seperti pribadi kedua atau sesuatu oknum yang ada didalam hati manusia yang siap untuk meperingatkan manusia setiap kali manusia itu melakukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya.
Ini yang kita sebut hati nurani.
Sebelum jatuh dalam dosa, hati nurani ini tidak menuduh manusia.
Namun sayang ciptaan Mulia ini ternyata melanggar perintah Allah
Orang tua kita yang pertama telah berdosa di Taman Eden . Pada waktu Kejatuhan, gambar Allah telah ternoda pada diri manusia, dan hati nurani manusia menjadi cacat. Karena alasan ini, ketika Adam dikonfrontasi oleh Tuhan tentang dosanya, ia membuat berbagai pembelaan diri untuk memaafkan kesalahannya, sama seperti yang dilakukan Hawa (Kejadian 3:11-13). Mereka berdua tidak merasakan penyesalan oleh karena hati nurani mereka berubah bentuk dan telah rusak. Demikian juga halnya dengan anak lelaki pertama mereka, yaitu Kain. Bahkan ketika Tuhan menangkap basah dia sebagai pembunuh adiknya, ia tidak merasa bersalah, dan justru malah mencoba mencari pembenaran dirinya sendiri. Ini menunjukkan bahwa hati nurani manusia tidak lagi dapat dipercaya setelah Kejatuhan di Taman Eden . Demikianlah, hati nurani yang telah ternoda dan tidak dapat dipercaya itu telah diwariskan kepada kita dari Adam.
 
Namun lebih buruk lagi. Semakin seseorang berbuat dosa semakin bobrok dan rusaklah hati nuraninya. Semakin manusia berdosa semakin gelap dan semakin tidak dapat dipercayalah hati nuraninya. Pada zaman dulu, kita diberitahu, bahwa
“…pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap” (Roma 1:21).
 
Anda telah ternoda ketika Anda dilahirkan. Anda mewarisi hati nurani yang telah rusak dari nenek moyang Anda yaitu Adam. Jadi Anda telah memiliki hati nurani yang rusak sejak masih anak-anak! Hati nurani itu semakin rusak oleh karena dosa masa kanak-kanak Anda. Setiap kali Anda membohongi ibu  atau isteri Anda, hati nurani Anda semakin rusak. Setiap kali Anda mencuri sesuatu, setiap kali Anda berbuat curang di sekolah, setiap kali Anda memikirkan berbagai hal yang tidak senonoh, hati nurani Anda semakin rusak dan semakin rusak lagi – sampai akhirnya Anda mulai benar-benar membuatnya mati. Seperti dengan besi panas, Anda benar-benar mulai membakar hati nurani Anda. Anda membakarnya dengan senyuman sinis di wajah Anda – senyum dan tertawa sinis ketika Anda disentuh oleh besi panas dari dosa Anda – membakar hati nurani Anda lagi dan lagi dengan dosa-dosa yang lebih dahsyat
Karena dosa, maka God’s image ini hilang dalam diri semua manusia. Karena dosa gambar diri Allah hilang dalam diri kita.
Karena dosa maka hati kita menjadi degil dan kita menolak hati nurani kita sendiri
Anda tak bisa mengatakan bahwa anda tidak berdosa, tanyalah diri anda sendiri apakah anda berdosa atau tidak ? …… diamkanlah pikiran anda sejenak dan coba –coba ingat lagi apakah anda tak pernah berbuat dosa ? Anda mungkin mengira bahwa anda tidaklah sebegitu buruk dari orang lain atau anda merasa anda lebih baik dan saleh dibandingkan orang lain, namun itu bukan ukurannya.Tidak ada seorangun yang bisa mencapai standar kekudusan yang ditetapkan Allah. Alkitab berkata tidak ada seorangpun yang benar ( Roma 3 : 10 , 23 ). Atau bisa jadi saat ini anda adalah pendosa yang sangat besar seperti wanita berzinah dalam Yohanes pasal 8 yang tertangkap basah dan siap diakhiri hidupnya dihakimi massa , sesuai aturan hukum taurat. Image of God sudah pasti  tidak akan ada didalam diri anda ketika anda tinggal dalam lumpur dosa.
 
Karena dosa pula menyebabkan manusia kehilangan sesuatu dalam dirinya, Dalam dirinya ada satu kekosongan ( empty self ) yang membuat manusia frustrasi dengan kehidupannya. Segala daya upaya dilakukan untuk mengisi kekosongan itu namun tidak akan pernah manusia bisa mendapatkannya.
Kekosongan jiwa ini membuat manusia merasa diri tidak berharga, dan tak berarti lagi.
Anda mungkin merasa diri anda tak berharga , begitu buruk  atau betapa  sialnya hidup Anda, . Anda mungkin merasa jenuh dengan hidup ini dan seolah tak mempunyai tujuan dan harapan, namun satu hal yang harus Anda ketahui dengan pasti bahwa Anda tetap adalah God;s Image.
Semua manusia siapapun dia adalah ciptaan yang sangat berharga. Anda tak bisa menyalahkan Tuhan dengan keadaan anda saat ini.
Apakah anda merasa Allah tidak adil, dengan diri anda sendiri saat ini ? apakah anda lebih senang menjadi orang lain ?
Tanpa kita sadari kita sering berpikir bahwa hidup ini tidak berharga, hidup ini tidak adil. Kita mulai membanding-bandingkan hidup atau nasib kita dengan orang lain yang dalam pandangan kita keadaan atau nasibnya lebih baik atau beruntung dari kita.  Anda merasa Allah tidak adil, tidak peduli dan sudah melupakan, mencampakkan dan menumpahkan murkanya kepada anda karena kesalahan dan dosa anda yang luar bisa besar. Namun seberapa buruknya anda atau seberapa sulitnya kehidupan Anda, satu hal yang pasti, Anda tetap God’s Image.. Dan anda sangat berharga dalam pandangan mata Tuhan penciptaMu. Ingat bahwa Allah menginginkan keadaan anda seperti ini bukan berarti Dia mencampakkan anda. Dia tetap mempedulikan anda dan menunggu waktu tepat untuk memulihkan image yang ada dalam diri anda.
Dalam Lukas pasal 16 kita bisa merenungkan satu pelajaran berharga. Ilustrasi mengenai Lazarus yang sangat hina –dina itu, membuka wawasan kita mengenai hal ini, yaitu bahwa Allah memperhatikan semua orang bahkan sampai kepada pengemis yang dalam pandangan manusia tidak ada arti sama sekali. Semua manusia sudah dipilih Allah untuk lahir ke dalam dunia ini. Dan semua kita dilahirkan oleh karena satu tujuan yaitu
Friends mulai sekarang sadarilah bahwa anda sudah dilipih Allah sebelum dunia diciptakan ( Efesus 1 : 4 )
Manusia adalah makhluk kekal
Roh Allah di tiup ke tubuh manusia yang dari debu ini sehingga manusia ini menjadi manusia hidup “Then the man become a living being “
Allah adalah Roh Kekal, dan manusia adalah ciptaan yang memiliki roh kekal.
Jadi manusia adalah makhluk kekal.
Ini harus menjadi start dari perenungan kita bahwa peristiwa kematian bukan akhir dari hidup kita. Kita akan berada di dua destination berbeda pada akhirnya tergantung pilihan kita dan investasi kita untuk kekekalan.
Yang pertama adalah kebahagian kekal bersama Tuhan selama-lamanya atau yang kedua hukuman kekal yang mengerikan selama-lamanya.
anda diciptakan untuk kekekalan dan bukan untuk kebinasaan kekal tetap kehidupan kekal, karena itu seharusnya anda tahu SEBERAPA BESAR KERINDUAN ALLAH AGAR ANDA KEMBALI KEPADANYA.
 
Kembali ke pemulihan gambar dirimu
Setelah dosa masuk maka gambar diri Allah hilang. Semua manusia keturunan Adam hidup dalam dosa dan kesia-siaan .Roma 3 : 23 for all have sinned and fall short glory of God  Kemuliaan Allah hilang dalam diri manusia. Bahkan akibat dosa manusia terancam masuk hukuman kekal, hal mana tidak dikehendaki oleh Allah ( II Petrus 3 : 9 ).
Namun ada jalan keluar untuk kembali atau menemukan  God;s image yang hilang didalam dirimu yaitu kembali kepada sang penciptanya.  Tuhan yang menciptakan kamu dalam kejadian yang dahsyat akan kembali memulihkan gambar dirimu yang rusak itu. Ia akan kembali membetulkan karyaNya yang hampir tidak berguna lagi.
Hanya dengan kasih Karunia, segala dosa mu diampuni dan engkau diterimaNya kembali untuk kemudian dibetulkan lagi gambar dirimu ( image ) yang sudah mulai luntur akibat dosa itu. Setelah Engkau menerima undangan keselamatanNya , saat itu juga engkau menjadi milikNya kembali dan akan menjalani kehidupan baru yang disertai dengan penciptamu selama-lamanya. Dulu engkau adalah budak dosa namun setelah hari engkau menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat dalam hidupmu maka engkau sekarang berubah status menjadi budak Allah.
Ketika anda menerima Kristus sebagai jalan kebenaran dan hidup, itu artinya anda sedang membawa gambar dirimu untuk dipulihkan oleh Allah.
 
Datanglah kepada Tuhan seperti seorang pengemis! Membungkuklah dengan penuh kerendahan hati, ketahuilah bahwa Raja yang mulia tidak berhutang apapun kepada Anda! Anda telah meludahi wajah-Nya di dalam hati Anda sepanjang tahun-tahun dalam hidup Anda. Pikirkanlah itu! Anda telah meludahi wajah Kristus dengan semua sikap Anda. Sekarang Kristus tidak berhutang apapun kepada Anda. Ia hanya berhutang murka, penghukuman dan api Neraka kepada Anda – dan sekarang, Anda mungkin berkata dalam hati Anda, “Itu benar – Tuhan tidak berhutang apapun kepada saya selain api Neraka. Saya layak untuk menerima itu!” Maka, jika Anda merasa bahwa penghukuman yang teramat mengerikan adalah benar layak bagi Anda, saya meminta Anda untuk datang kepada Yesus seperti seorang perempuan yang telah berdosa yang datang kepada Dia dan mencium kaki-Nya. Datanglah kepada Dia seperti cacing yang menyedihkan karena itulah Anda. Datanglah dalam tangis dan ratapan kepada Dia,
 
Terimalah Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadi dalam hidupmu, Dia akan datang masuk dalam hidupmu dan kembali memulihkan gambar dirimu yang rusak itu. His image akan kembali muncul dalam dirimu
Yesus yang adalah kebenaran yang sudah memerdekakan dirimu  dari dosa akan membawa dirimu kepada pengudusan hidup dan membawa dirimu kepada kemuliaan menuju  kepada kemulian yang lebih besar ( From Glory to Glory ) II Korintus 3 : 18
 
Sebuah ilustrasi saya ambil dari file lama saya untuk menggambarkan betapa berharganya anda yang adalah God;s Image.
 
SENTUHAN SANG GURU
By Max lucado
 
Beethoven di tahun - tahun kemudian melewatkan berjam-jam dengan bermain harpa rusak.
 Alat itu musik itu sudah tak berharga lagi.
Ada not yang hilang, ada senar yang melar, suaranya sumbang dan sakit ditelinga.
Namun pemain piano besar ini suka bermain sampai air mata menetes dipipinya.
Kalau melihat dia, anda akan mengira bahwa  ia mendengarkan yang paling agung.
Memang begitu karena ia tuli. Beethoven mendengar suara yang seharusnya keluar dari alat itu, bukan suara yang terdengar.
 
Anda pernah merasa seperti harpa Beethoven ?
 
Tidak serasi, tidak memadai, tidak cukup, tak berarti, dinggap tak becus melakukan sesuatu, pekerjaanmu tak sempurna, pelayananmu waktunya salah,merasa belum berguna buat Tuhan.
Pernahkah anda  bertanya-tanya apa yang dibuat Tuhan kalau alatnya rusak.
Apa yang terjadi dengan lagunya kalau senarnya sumbang,
Bagaimana Sang Guru menerima kalau not-notnya tak berbunyi ?
 
Apakah Ia mengernyitkan dahinya dan menggeleng-gelengkan kepalanya ?
 
Apakah Ia akan membelakangi lalu meninggalkannya ?
 
Apakah akan dituntut pengganti ?
 
Apakah dijadikan barang loakan tua ?
 
Apakah dengan kasar dan emosi diangkat lalu dibanting ?
 
Ataukah dengan sabar Ia menyetel alat itu sampai ia ingin mendengar lagu yang ingin di dengarNya ?
 
Anda berkata aku tak bisa menghasilkan apa-apa buat Tuhanku, aku tak memiliki talenta, aku tak mempunyai kemampuan, aku kurang dibanding yang lain, aku tak memiliki keberanian untuk melayani Tuhan, alat musik kehidupanku sumbang dan dilumuri dosa, senar kehidupanku sudah longgar dan ada jarak dengan Tuhan  ,.......
 
Sang Guru tak memperhatikan hal-hal itu ia tetap menyetem nada-nadamu dan mendengar dengan seleraNya yang ajaib dan penuh kasih.
 
Ia akan selalu dan selalu menyetel harpamu, gitarmu, pianomu, gambusmu, kecapimu, dan musik kehidupanmu. Ia tak peduli seberapa lama musikmu sumbang atau senarnya longgar dan menghasilkan nada-nada yang tidak sesuai, ia hanya ingin mendengar suara yang diinginkanNya...............Ia melihat bila senar kehidupanmu mulai longgar tetapi Ia tetap memainkannya, Ia paham kalau nada-nadamu salah karena anda jatuh tetapi ia tetap menyetemnya. Ia tak pernah mencampakkanmu.
 
Dia berkata Engkau berharga dimataku anakku ( Yesaya 43 : 4 ) 
 
Persembahkanlah tubuhmu dan hidupmu bagi sebagai persembahan yang hidup yang kudus dan berkenan kepada Dia itu adalah ibadahmu yang sempurna ( Roma 12 : 1 )
 
Jangan tawar hati dengan ketidakmampuanmu biarkan  sentuhan Sang Guru yang akan membuat semuanya indah, mungkin nada kehidupanmu dalam pendengaranmu kurang sesuai karena senarmu yang longgar tetapi Allah mendengar nada yang seharusnya keluar.
 
Dia ingin mendengar musik kehidupanmu yang engkau persembahkan bagi Dia.
 
Ketika engkau memberikan hidupmu pada Tuhan maka ia akan mulai menyetel nada-nada kehidupanmu.
Serahkanlah hidupmu padaNya dan percayalah maka Ia akan bertindak ( Mazmur 37 : 5 )
 
Terimalah Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadi dalam hidupmu,
Dia akan datang masuk dalam hidupmu dan kembali memulihkan gambar dirimu yang rusak itu. His image akan kembali muncul dalam dirimu.
Anda akan dipakai untuk kemuliaan Allah
 
GBU ALL

Tidak ada komentar: