Sabtu, 18 September 2010

Menjawab pertanyaan tentang doa

Menjawab pertanyaan teman yang belum bisa berdoa.

My Brother in Christ,

Sedikit kesaksian pribadi, dulu aku sama seperti kamu, aku tak bisa berdoa di depan umum, kalau disuruh berdoa pasti keringat dingin dan deg degan banget. Doa bagi saya dulu merupakan masalah. Kenapa ini bisa terjadi ? karena saya memang jarang berdoa. Saya pernah disuruh berdoa di sekolah saya tidak tahu apa yang mau dikatakan dan apa yang terjadi ?  saya gagap. Karena peristiwa itu saya sering diledekin teman- teman sehingga saya minder sekali. Kalau disuruh berdoa saya hampir selalu menolak seribu satu alasan. Itulah sebabnya pada waktu masa muda ku mulai dari SMA sampai kuliah saya jarang mau ikut kebaktian / ibadah terutama ibadah muda –mudi karena trauma disuruh berdoa.

Namun sejak saya menerima Tuhan Yesus menjadi juruselamat pribadi ku saya bertobat tahun 1999, saya mengerti bahwa berdoa bukan masalah kelancaran atau hapalan tetapi doa adalah suatu hubungan……Dulu dalam doaku saya hampir tak bisa mengucapkan nama Bapa. Tak tahu mengapa tetapi yang jelas saya seperti tak berani memanggil nama Bapa yang adalah Tuhan kami. Hal itu sekarang aku pahami karena waktu itu saya belum didalam Kristus alias saya masih dalam dosa dan memang masa muda saya hitam sekali sehitam kulit nyong Ambon pada umumnya. Masa muda saya dulu sangat jauh dari Tuhan dan hidup bergelimang dosa.

Jangan negatip thinking dulu dengan mengatakan lalu Rick kamu sekarang tidak berdosa ?  bukan begitu …. Kita semua berdosa dan masih memiliki kuasa dosa sampai saat ini namun perbedaannya adalah kalau dulu kita hidup dalam dosa karena kita adalah hamba dosa dan kita sangat menyukainya tanpa merasa bahwa dosa itu akan berakibat pada kehidupan kami, kalau sekarang saya percaya bahwa dosa saya telah diampuni diatas kayu salib, dan sekarang ketika saya berbuat dosa atau merasa berbuat dosa maka Roh Kudus yang ada dalam saya akan menasihati saya. SAYA TIDAK TINGGAL DALAM DOSA TETAPI LARI MENINGGALKAN DOSA. …. Kita tak bisa menghindari dosa yang ada dalam dunia tetapi kita harus menolaknya dan apabila terlanjur jatuh kita harus cepat –cepat mengakui serta selalu meminta pengampunan dari Tuhan Yesus. Makanya Tuhan Yesus mengajarkan Dalam doa Bapa kami “Ampunilah kami akan kesalahan kami”

Kembali ke Lap top, eh salah ke doa, Doa memang bisa djajari atau dibuat satu kalimat hapalan tetapi jangan kita tergantung kepadanya. Kita dibebaskan diselamatkan Tuhan untuk berhubungan denganNya. Hubungan dengan Tuhan langsung lewat hati kita dan output dari mulut kita. Jika hati kita mengasihi Tuhan dan bersyukur maka kita akan otomatis berdoa kepadanya.

Dulu setelah bertobat saya tidak tahu berdoa gimana, namun ada ayat yang membaharui saya yaitu Roma 8 : 26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita. Kita tak tahu bagaimana berdoa tetapi roh mengajari kita berdoa dengan keluhan –keluhan yang tidak terucapkan. Saya mulai belajar berdoa,ditempat kost saya waktu itu. Kamar kecil didaerah Senen yang menjadi tempat dimana aku dibentuk dan imanku bertumbuh. Perlahan tapi pasti saya mulai bisa berdoa. Dan luar biasa itu terjadi dengan sendirinya. Seperti kata Firman tadi Roh mengajari kita sehingga saya tidak bingung lagi. Kebiasaan berdoa itu bukan karena paksaan atau jadwal tetapi timbul dari dalam diri saya untuk senantiasa berdoa. Ketika saya mulai lancar berdoa ( sendiri / pribadi belum didepan umum ) Tuhan menaikkan kelasku untuk berdoa didepan umum, tepatnya Ibadan kerukunan pemuda daerah asalku. Waktu itu saya masih trauma dan masih belum percaya diri untuk berdoa didepan umum, Namun cara Tuhan luar biasa. Waktu itu doa makan dan seorang yang dituakan ( sesepuh ) disuruh berdoa. Namun tiba-tiba dia berkata “Untuk doa makan kali ini jangan kami lagi yang tua-tua tetapi harus anak-anak muda.” Kontan jantung sayA berdegup kencang. “Jangan –jangan saya ditunjuk nih”. Perasaan traumatik itu masih kuat, saya masih takut berdoa didepan umum sekalipun sudah lancar berdoa di kamar. Ini jumlahnya juga cukup banyak Men ! Tiba –tiba  si orang tua membuat suatu statment yang luar biasa. “Disini anak- muda yang fam ( Marga) Silooy yang paling tua siapa saya minta dia untuk berdoa. Dan yang paling tua dalam marga keturunan kami adalah saya. Mau tidak mau saya harus maju. Aku maju dan saya minta Roh Kudus membantu saya. Apa yang terjadi ? Puji Tuhan saya bisa lancar sekali berdoa dan itu saya percaya bukan karena kepandaian saya atau kefasiihan lidah saya tetapi karena Roh Kudus. Sepupu saya bercanda setelah saya selesai berdoa “ Doamu sudah seperti diaken saja “
Luar biasa Tuhan Yesusku.  Sejak saat  itu saya sering ditunjuk berdoa dimanapun, dan saya mulai belajar melayani di Primadoa, bahkan sampai di Gereja.dan persekutuan-persekutan lainya.

Jadi untuk berdoa kita harus memiliki hubungan dengan Tuhan.. Dan salah satu syarat utama berdoa adalah :  TENANG   
Kesudahan segala sesuatu sudah dekat karena itu kuasailah dirimu JADILAH TENANG, supaya kamu dapat berdoa. ( I Petrus 4 : 7 ) Kita harus tenang dulu baru kita bisa berdoa, ketika kita ditunjuk jangan panik, jangan grogi, tetap tenang. Yakinkan dirimu jika engkau ditunjuk untuk berdoa artinya Tuhan menginginkan engkau melakukannya untuk memuliakan Dia. Saat itu Engkau harus tetang jangan terburu-buru, engkau harus tahu saat itu engkau sedang menghadap Raja diatas segala raja disaksikan dan didengar oleh para penghuni Surga, bahkan juga penghuni alam neraka. Engkau aktor Utama saat itu karena itu engkau harus tenang terlebih dulu.
Para aktor dan actris  sebelum action biasanya menenangkan dirinya terlebih dulu. Jika Aktor film beraksi dia tak akan terpaku pada text, dia akan melakukan improvisasi dan hasilnya memuaskan lebih dari text book. Aktor tersebut akan tenang dan mengatur semua sikap dan suaranya untuk action. Demikian juga dengan sikap kita sebelum berdoa kita harus tenang baik ketika doa pribadi maupun ketika disuruh doa didepan umum. Kita harus siap seperti kata pemazmur yang berkata “Hati ku siap ( Mazmur 57 : 8 )
Yang paling penting adalah hatimu. DOA ADALAH BAHASA HATI karena itu berdoalah memakai hati ( Roh )  jangan memakai pikiran. Kalau memakai pikiran kita bisa saja menyusun kata –kata yang indah tetapi tidak ada kasih didalamnya. Tetapi jika kita berdoa dengan hati maka sesedrhana apapun bahasa dan susunan katanya tetap layak dihadapan Allah. Jangan berpatokan atau mempunyai prinsip bahwa berdoa kepada Tuhan harus dengan bahasa yang benar dan teratur. Kembali ke Roma 8 : 26  ditekankan bahwa dalam doa kadang kita mengeluarkan keluhan yang tidak terucapkan.

Saya tidak melarang orang menghapal doa  karena Tuhan memang Tuhan tidak pernah menyuruh kita menghapal Doa Dalam Bible dikatakan dia mengajarkan kita berdoa seperti begini

Apa yang terjadi jika doa di hapal ?

Kita akan tidak tenang

jika kita berdoa dengan memakai hapalan maka akan membuat kita tidak tetang mengapa ? karena jika kita tiba-tiba lupa kata –kata doa tersebut maka akan menimbulkan kepanikan bagi diri kita sendiri

Hubungan kita dengan Allah dibatasi

Dengan hapalan kita akan membuat Allah terbatas karena sudah dipatok dengan jenis –jensi doa tertentu, misalnya doa makan, doa arwah, doa ini doa itu, Agama lain bahkan memiliki jenis doa yang banyak sekali dan ini membuat kita terbatas. Padahal tirai pembatas antara Allah dan manusia telah dirobohkan dengan matinya Sang Penebus kita.
Jadi saudara-saudara oleh darah Yesus kita sekarang dengan penuh keberanian dapat masuk kedalam tempat kudus


Ada kiat berdoa yang bisa saya bagikan,tetapi ini   bukan hapalan namun lebih kepada sistematika atau kerangka berdoa ( seperti susuan skripsi )

Catatan berdoa adalah hubungan bebas dengan Tuhan jadi sebenarnya tidak perla sistematika segala karena Allah tidak dibatasi dia adalah Roh. Allah adalah Roh barang siapa menyembahNya harus dalam Roh dan kebenaran ( Yohanes 4 :24 )

Sistematika doa

  1. Pujian bagi Allah
  2. Bersyukur
  3. Penundukkan diri  ( mengaku dosa )
  4. Inti masalah
  5. Minta Tuhan campur tangan/ permohonan
  6. Pujian dan Berkat

Ini biasa nya untuk doa –doa syafaat atau doa pribadi.

Ini contoh kerangkan doa dipraktekkan ( warna hijau )

Contoh doa didepan umum

Segala puji hormat dan kemuliaan dan kuasa  kami naikkan kepadamu bapa Surgawi yang bertahta di Surga,( PUJIAN ) Kalau kami bisa ada berkumpul saat ini sebagaimana adanya sekarang ini, kami tahu ini semua karena kasih dan anugrahmu. Engkau Allah yang tak sekalipun meninggalkan kami, Engkau selalu hadir dalam hidup kami,  terima kasih untuk pertolonganMu, kebaikanMu, kesetiaanMu, ( apa saja yang ada dalam hatimu biarkan roh Kudus  yang mengalir ),terima kasih Bapa atas segala-segala yang terjadi dalam hidupku, Engkau benar-benar Bapa yang sangat baik. ( BERSYUKUR  )
Sebelum kami datang menghampiri tahta KudusMu dan menyampaikan isi doa kami pertama –tama kami minta ampun atas segala dosa kami, yang kami lakukan baik lewat perbuatan kami, ucapan kami, pendengaran kami ataupun dalam hati kami. Ampuni kami Bapa agar saat ini kami layak untuk masuk dalam hadirat kekudusanMu.
Kami percaya jika kami mengaku dosa maka Engkau akan mengampuni segala dosa kami. Terima kasih untuk pengampunanMu Bapa ( Penundukkan diri  /  mengaku dosa )
Saat ini kami mau berdoa untuk  : ( sebutkan inti permasalahan  apa ? ini tak bisa dihapal atau ditulis karena tergantung dari apa yang mau didoakan ( INTI MASALAH  )
Biarlah Tuhan mau campur tangan agar semua ini berjalan dengan baik, kami tahu bahwa didalam segala hal kami harus meminta pertolongan Tuhan, tanpa Tuhan kami tidak apa-apa. Tuhan mau jamah ( misalnya mendoakan orang sembuh ) .... Tuhan mau memberikan kami hikmat agar kami mampu mengatasi akan hal ini, Tuhan mau berikan kekuatan agar kami sanggup mengatasi masalah ini .( masalah yang sulit ) Hanya kepadamu kami berseru Tolong kami bapa jangan biarkan kami anak-anakMu ini sendiri kuatkan kami menghadapi ini ( ketika merasa lemah )  Bapa mari datang lawat kami semua yang sakit Tuhan sembuhkan, yang lemah Tuhan kuatkan, yang terikat Tuhan lepaskan yang terbelenggu Tuhan merdekakan, yang berduka Tuhan mau hiburkan  ( berbagai masalah ) Tuhan juga mau memulihkan sebutkan saja :  Bangsa kami, kantor kami, keluarga kami, persekutuan kami  ( minta pemulihan ) ( MINTA CAMPUR TANGAN TUHAN / PERMOHONAN )
Demikian segala doa dan permohonan ini kami naikkan kepadaMu, sekali lagi kami kembalikan segala pujian hormat dan kuasa BagiMu Allah Sang Juruselamat kami.
Dalam Nama Yesus kami berdoa Amin ( PUJIAN DAN BERKAT )

Bisa juga di minimize seperti doa –doa makan menjadi

  1. Pujian dan Syukur
  2. Pujian dan berkat

Contoh berdoa yang mudah mungkin bisa berikan contoh misalnya ketika kita disuruh berdoa makan.

Segala puji hormat dan syukur kami naikkan kepadamu bapa Surgawi yang bertahta di Surga, kami berterima kasih karena kasihMu yang sangat besar, berkat yang kami terima sungguh luar biasa, terima Kasih untuk semuanya Bapa  ( ini adalah Pujian dan Syukur )
Kami yang telah engkau kumpulkan sampai saat ini yaitu ( sebutkan : keluarga, perkumpulan, atau apa yang sedang kamu doakan ) akan menikmati sebagian dari berkat jasmani yang telah terhidang dihadapan kami. Sebelum kami mencicipinya terlebih dulu kami minta Engkau memberkati dan kudukan makanan ini sehingga makanan ini akan bermanfaat bagi tubuh jasmani kami.Berkati tangan –tangan yang sudah berjerih lelah menghidangkan bagi kami ( masalah ), Tuhan juga memberkati kami semua ( keluarga, perkumpulan ) Dalam nama Tuhan Yesus kami sambut berkat ini Amin ( Pujian berkat  )


Itu hanya contoh kecil tetapi jangan menjadi acuan, diatas tadi hanya untuk menggambarkan step –step sesuai sistematika, tapi jangan ini menjadi suatu keharusan atau standart, karena doa yang sejati berasal dari hati yang mengasihi Yesus. Sistematika ini sangat membantu kita yang masih kagok dalam berdoa, mintalah pertolongan dan urapan Roh Kudus sehingga kita semakin dimampukan untuk berdoa.

Sebenarnya kunci – kunci doa diatas sudah sangat lengkap kita dapatkan dalam Doa Bapa Kami

DOA BAPA KAMI

Bapa kami yang dalam didalam Sorga  dimuliakanlah namaMU
Datanglah KerajaanMu Jadilah kehendakMu
Dibumi Seperti di Surga                                             
( Ini adalah PUJIAN)

Brilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
( ini adalah SYUKUR )

Ampunilah kami akan kesalahan kami seperti kami juga mengampuni yang bersalah kepada kami
( ini adalah PENGAKUAN DOSA )

Dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
( ini adalah MASALAH  )

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan  Kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya AMIN
 ( ini adalah PUJIAN DAN BERKAT )


Tidak ada komentar: